Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

AKTIVITAS MANAJEMEN PEMASARAN YANG EFISIEN BAGI PERUSAHAAN

AKTIVITAS MANAJEMEN PEMASARAN YANG EFISIEN BAGI PERUSAHAAN

AKTIVITAS MANAJEMEN PEMASARAN YANG EFISIEN BAGI PERUSAHAAN

Agar manajemen bidang pemasaran

berjalan dengan efisien dan berdampak positif bagi perusahaan diperlukan beberapa aktivitas penting. Aktivitas pertama yaitu melakukan riset barang dan pasar. Riset barang dan pasar dilakukan untuk dijadikan tolak ukur tingkat persaingan dalam pasar. Sehingga, penyedia barang dan jasa dapat memperbaiki kekurangan dari produk sebelumnya.

Misalnya, jika saat ini tingkat persaingan sangat tinggi perlu rencana cadangan dalam penjualan. Jika tidak ada rencana lain, perusahaan dapat merubah haluan produk yang dijual. Dianjurkan demikian karena, persaingan menjadi semakin rumit untuk bersaing ketika kondisi pasar seperti itu. Riset barang dan pasar bersifat dinamis dan dapat dilakukan perubahan sewaktu-waktu.

Kemudian, aktivitas selanjutnya yang penting adalah menggali kebutuhan konsumen. Manajemen pemasaran tidak hanya bertugas mencari barang yang memiliki peluang permintaan tinggi dipasaran. Namun juga melakukan riset mengenai kebutuhan konsumen. Sebab, dengan mengetahui kebutuhan target konsumen maka produk perusahaan akan masuk dalam pasar yang tepat.

Selanjutnya adalah cross promotion merupakan penawaran produk tambahan dari produk utama yang perusahaan tawarkan. Promosi silang ini berarti menjual produk tambahan yang perusahaan jual namun masih berhubungan dengan produk utama. Cross promotion dilakukan untuk membuka peluang agar angka penjualan semakin meningkat.

Diikuti dengan aktivitas selanjutnya yaitu after sales service. Aktifitas ini dinilai penting dan direkomendasikan dalam proses manajemen dibidang pemasaran. Maksud dari aktivitas ini yakni pelayanan tambahan setelah konsumen membeli produk barang atau jasa perusahaan. Pelaku bisnis sering melakukan tahapan ini, tujuannya agar konsumen menjadi pelanggan tetap produk perusahaan.

Aktivitas yang efisien kelima yakni internet marketing. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini, internet menjadi salah satu wadah marketing bagi pengusaha. Melalui internet marketing, pemasaran produk dapat mentargetkan konsumen lebih mudah. Disamping itu, pangsa pasar internet mencakup banyak pengguna dari berbagai belahan dunia.


Sumber: https://capjpo-europalestine.com/surgical-strike-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas