Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Analisa

Analisa

  • Dari hasil pengamatan dapat dijelaskan bahwa tulang sebelum dan sesudah direndam dengan alkohol mengalami perubahan warna, tetapi kelenturan dan kekerasan tulang masih sama keadaannya. Penyebab hal tersebut yaitu alkohol bersifat netral dan menggunakannya dalam jumlah yang sedikit sehingga tidak mempengaruhi tulang tersebut. Tetapi berupahan warna pada tulang bisa juga dapat menghambat pertumbuhan pada tulang tersebut. Hasil penelitian dari para ahli menyatakan hal sebagai berikut:
  • Menurut Tucker, alkohol membantu menguatkan tulang dengan memicu peningkatan kadar estrogen. Hasil penelitian menunjukkan, laki-laki yang minum 1 atau 2 gelas anggur atau bir setiap hari mempunyai tulang yang lebih padat dibandingkan mereka yang tidak minum. Tetapi, mereka yang minum kurang dari dua gelas atau lebih dari 2 gelas minuman keras sehari secara signifikan mempunyai BMD yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki yang minum sampai 2 gelas alkohol setiap hari.
  • Berdasarkan penelitian Dr. Dennis A. Chakkakal dari Omaha VA Medical Centre di Nebraska menyatakan bahwa terlalu banyak alkohol ternyata juga menyebabkan kerusakan tulang, meningkatkan resiko patah, dan memperlambat pemulihan tulang yang retak. Menurutnya, alkohol yang berlebihan menghambat pembentukan tulang baru.
  • Penelitian jangka panjang menunjukkan orang yang hobi menegak alkohol, terutama sejak usia remaja beresiko tinggi terkena pengeroposan tulang di usia tua.
  • Mengonsumsi alkohol berlebihan, sekotar 2-3 ons alkohol setiap hari, akibatnya lambung tidak mampu menyerap kalsium secara optimal, “ Alkohol mengganggu kerja pankreas dan penyerapan kalsium serta vitamin D. Alkohol juga berpengaruh pada liver yang sangat penting untuk mengaktivasi vitamin D, “ kata Primal Kaur, dokter spesialis osteoporosis dari Temple University Health System, Philadelphia, Amerika Serikat (Kompas.com).

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

            Dari pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa warna yang dimiliki tulang menjadi berubah setelah direndam dengan alkohol selama 3 hari tetapi kekuatan dan kelenturan tulang tetap sama sebelum direndam dengan alkohol. Alkohol dalam jumlah yang sedikit dapat menguatkan tulang tetapi jika dalam jumlah yang berlebihan maka akan menyebabkan pengeroposan tulang. Alkohol menghambat pertumbuhan tulang dan mematikan sel-sel pada tulang.

3.2 Saran

            Hindari minuman yang mengandung alkohol atau mengkonsumsinya secara berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan khususnya untuk pertumbuhan tulang. Alkohol yang berlebihan dapat merusak sel-sel pada tulang.

baca jgua :

Flexmedia

Kembali ke atas