Begini Cara Menonton TV yang Benar

Begini Cara Menonton TV yang Benar

Begini Cara Menonton TV yang Benar

Setelah beraktivitas seharian, rumah memang merupakan tempat yang paling nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat sebagai pelarian sejenak. Melengkapi kenyamanan rumah, tak jarang kita juga turut menonton TV sebagai salah satu sumber hiburan pelepas penat setelah berjam-jam lamanya terperangkap dalam kondisi yang membuat pikiran stress dan penuh beban.

Namun sayangnya, ternyata banyak orang yang tak tahu bahwa menonton TV tak seharusnya asal menonton saja. Ada kiat-kiat yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik, terutama bagian mata. Ada apa saja kah kira-kira? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

PERHATIKAN JARAK MATA KE TV

Sesuatu yang berlebihan memang tak selamanya baik, termasuk menonton TV dengan jarang yang berlebihan dekatnya. Bukan tanpa alasan, menonton TV dari jarak yang terlalu dekat dapat menyebabkan ketegangan dan juga kelelahan pada mata. Jika dibiasakan, kerusakan permanen pada mata pun dapat jadi hal yang tak bisa dihindari.

 

Pastinya Sobat nggak mau dong merusak mata sendiri

Oleh karena itu ada baiknya untuk mengatur jarak pandang antara mata dan TV paling tidak 5x lebar diagonalnya. Misalnya  diagonal layar TV-mu berukuran 21 inch, maka jarak pandang antara mata dan TV adalah 5×21 inch, yaitu 105 inch atau sekitar 5 meteran. Dapat ditarik kesimpulan disini bahwa semakin besar diagonal layar TV, semakin jauh pula jarak pandang antar mata dengan TV.

 

ATUR CAHAYA RUANGAN TEMPAT MENONTON TV

Jarang disadari, ternyata pencahayaan pada suatu ruang dimana kita menonton TV juga dapat berdampak terhadap kesehatan mata saat menonton TV lho. Ada baiknya untuk menyalakan lampu ruangan ketika menonton TV agar pupil mata tak terlalu bekerja keras dalam menangkap cahaya TV. Menyalakan lampu ruangan juga dapat menyeimbangkan cahaya TV dan hal ini cukup penting dilakukan.

 

BATASI WAKTU MENONTON TV

Bijaksana lah untuk mengatur waktu dalam menonton TV. Jika terlalu lama, yang ada mata pun lelah dan kesehatan tubuh pun ikut terganggu akibat kurangnya gerak. Ketika menonton TV, ada baiknya untuk sesekali mengistirahatkan mata dengan berkedip atau memejamkan mata atau melihat ke kejauhan.

 

Sumber : https://ngelag.com/