Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Cara Membuat Cilung Papeda Telur Gulung, Cilung Telur, Telur Puyuh & Tanpa Telur

Cara Membuat Cilung Papeda Telur Gulung, Cilung Telur, Telur Puyuh & Tanpa Telur

Resep cilung (aci digulung) yang terkadang juga disebut papeda telur gulung ini termasuk salah satu yang favorit dari aneka jajanan anak sekolah. Cilung Bandung ini banyak dijual abang abang di sekitaran SD, bahan dasarnya terbuat dari adonan utama tepung aci (tapioka atau kanji), bisa dibikin dengan campuran telur (cilung telur), maupun dengan adonan telur dimana telurnya terpisah yang dipakai saat ada permintaan pembeli, mau telur ayam atau telur puyuh.

Saat dimasak cilung diberi kombinasi aneka bumbu tabur sesuai selera rasa, boncabe untuk rasa pedas, atau ditambahkan saus cabai atau sambal, bahkan mayones. Selain itu terkadang juga ditambahkan lagi abon atau serundeng sebagai taburan luarnya yang membuatnya semakin spesial.

Terdapat beberapa variasi cara membuat cilung yang sering ditawarkan pedagang, seperti original tanpa telur, pakai telur puyuh, pakai kocokan telur, dan cilung jumbo dengan 1 butir telur ayam. Untuk mempermudah praktek di rumah, berikut ini kita siapkan bahan-bahan dengan takaran sedikit dahulu yaitu 150 gram tepung aci.

Bahan-bahan :

150 gram tepung aci/tapioka/kanji
1 sdm tepung beras (agar teksturnya tidak terlalu lembek, boleh juga bila tidak pakai)
1 sdt garam dan 1 sdt kaldu bubuk(penyedap rasa) atau sesuai selera, serta bisa tambahkan sejumput merica/lada
300 ml air
Telur ayam dan telur puyuh seperlunya
Bumbu tabur dengan rasa yang diinginkan, boncabe, saus cabe, mayones atau menurut selera

Cara membuat cilung :

Campurkan tepung aci dan tepung beras, garam, kaldu bubuk, serta merica. Selanjutnya tuangkan air, aduk hingga adonan merata.
Panaskan wajan dengan api relatif kecil, olesi tipis dengan margarin/mentega atau minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur adonan lalu ratakan (putar wajan bila ada gagang/pegangannya).
Sambil menunggu matang, beri bumbu tabur, saus cabe, mayones, kemudian gulung menggunakan lidi atau tusuk sate, cilung oroginal sudah siap disantap hangat.
Sedangkan untuk membuat cilung telur ayam dan telur puyuh, panaskan wajan dan olesi dengan margarin, kemudian bisa diceplokkan telur langsung ke dalam wajan atau bisa dikocok dahulu dengan tambahan sedikit garam atau kaldu bubuk.
Setelah menceplokkan telur atau menuangkan kocokan telur ke dalam wajan lalu ratakan, selanjutnya taburi bumbu dan saus serta gulung dengan tusuk sate setelah cilung matang.

Sumber: https://sonymusic.co.id/

 

Flexmedia

Kembali ke atas