Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Cipta ( reason )

Cipta ( reason )

      Merupakan fungsi intelektual jiwa manusia. Ilmu kalam ( theology ) merupakan cerminan adanya pengaruh fungsi intelek ini. Melalui cipta orang dapat minilai dan membandingkan dan selanjutnya memutuskan suatu tindakan terhadap stimulan tertentu. perasaan intelek ini dalam agama  merupkan suatu kenyataan yang dapat dilihat, terlebih-lebih dalam agama modern peranan dan fungsi reason ini sangat menentukan.[2]

      Dalam lembaga-lembaga keagamaan yang menggunakan ajaran berdasarkan jalan pikiran yang sehat  dalam mewujudkan  ajaran-ajaran yang masuk akal,  fungsi berpikir sangat diutamakan.  Malahan ada yang beranggapan bahwa agama yang ajarannya tidak sesuai dengan akal merupakan agama yang kaku dan mati.

  1. Rasa ( emotion )

      Suatu tenaga dalam jiwa manusia yang banyak berperanan dalam membentuk motivasi dalam corak tingkah laku seseorang.betapapun pentingnya fungsi reason, namun jika digunakan secara berlebih-lebihan akan menyebabkan ajaran agama itu menjadi dingin.

      Untuk itu fungsi reason, hanya pantas berperanan dalam  pemikiran mengenai super natural, saja, sedangkan untuk member makna dalam kehidupan beragama diperlukan penghayatan  yang seksama dan mendalam sehingga ajaran itu tampak  hidup. Jadi yang menjadi obyek penyelidikan sekarang pada dasarnya adalah bukan anggapan bahwa pengalaman keagamaan seseorang itu dipengaruhi oleh emosi,melainkan sampai beberapa jauhkah peranan emosi itu dalam agama. Sebab jika secara mutlak emosi yang berperanan tunggal adalam agama, maka ia akan mengurangi nilai agama itu sendiri sebagai mana yang dikemukakan oleh W. H. Clark, upacara keagamaan yang hanya menimbulkan keributan bukanlah merupakan agama sama sekali.

sumber:

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/

Flexmedia

Kembali ke atas