Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Contoh Norma Adat atau Kebiasaan

Macam – Macam Norma

Dalam prakteknya norma sosial dalam masyarakat bercampur antara norma yang satu dengan norma yang lain. Norma – norma sosial mempunyai bidang kajian yang berbeda – beda serta bersumber dari sesuatu yang berbeda pula. Berdasarkan dari sumber dan peranannya dalam membentuk dan memengaruhi perilaku manusia dalam masyarakat norma sosial dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam, yaitu sebagai berikut.

A. Norma Adat atau Kebiasaan’

1) Pengertian Norma Adat
Norma adat merupakan norma yang mengatur tentang perilaku – perilaku sosial yang bersifat rutinitas dalam kehidupan bermasyarakat, sedangkan sisi perbedaan antara norma adat dan kebiasaan adalah terletak pada konsep ritualnya yaitu bahwa adat lebih kental dengan nuansa spiritual, sedangkan kebiasaan lebih mencerminkan suatu pertimbangan pola pikir yang bersifat praktis dan rasional.

2) Fungsi Norma Adat
Norma adat berlaku pada masyarakat – masyarakat tradisional atau pada masyarakat pra modern yaitu pengaturan perilaku yang didasarkan atas tradisi – tradisi yang telah mengakar kuat dalam masyarakat. Ada yang berkaitan dengan kepercayaan setempat, ada pula yang berkaitan dengan revisi terhadap perilaku menuju efektivitas kerja manusia.

3) Contoh Norma Adat atau Kebiasaan
a) Upacara – upacara Ngaben di Bali
b) Upacara tedak siti pada masyarakat Jawa
c) Upacara bersih desa pada masyarakat Jawa
d) Upacara Dangai dan coreng arang pada masyarakat Dayak

B. Norma Kesusilaan / Kesopanan
1) Pengertian Norma Kesusilaan / Kesopanan
Norma kesusilaan atau kesopanan adalah norma masyarakat untuk mengatur hubungan antar manusia dalam rangka menghargai harkat dan martabat manusia yang lain sehingga masing – masing individu saling menghargai harkat dan martabat manusia yang satu terhadap yang lain. Apabila norma – norma ini diabaikan maka yang terjadi adalah kemarahan, ketersinggungan yang mengarah pada terjadinya konflik.

2) Fungsi Norma Kesusilaan / Kesopanan
Norma sosial yang paling halus yang pengukurannya didasarkan pada peradaan manusia. Norma ini berfungsi untuk memberikan penghargaan dan penghormatan kepada orang lain dalam harkat dan martabatnya sebagai umat manusia.

3) Contoh Norma Kesusilaan / Kesopanan
a) Norma berpakaian
b) Norma sopan santun
c) Norma pesta jamuan makan

OS-POS TERBARU

Flexmedia

Kembali ke atas