Definisi dan Pengertian Tenaga Kerja

Definisi dan Pengertian Tenaga Kerja

Definisi dan Pengertian Tenaga Kerja

 

Definisi dan Pengertian Tenaga Kerja

Dalam hidup tentu membutuhkan suatu pekerjaan agar dapat berlangsung sesuai dengan apa yang kamu rencanakan, dengan memiliki pekerjaan kehidupan pun akan berlangsung lebih baik. Oleh sebab itu banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja untuk membangun perusahaannya agar perusahaan tersebut dapat mencapai tujuan yang diingkan, tapi apa sih pengertian tenaga kerja yang sebenarnya?

Tenaga kerja adalah seorang penduduk yang memiliki usia kerja. Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 2 yang menyebutkan bahwa seorang tenaga kerja meruapakan seseorang yang mampu melakukan suatu pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya sendiri ataupun untuk masyarakat sekitar. Secara keseluruhan penduduk dalam suatu pemerintahan atau negara memiliki dua kelompok yaitu tenaga kerja dan bukan tenaga kerja. Usia yang ditentukan oleh pemerintah Indonesia berumur 15 sampai 64 Tahun. Jadi setiap orang yang mampu atau bisa bekerja disebut sebagai tenaga kerja.

Tenaga kerja juga memiliki klasifikasinya sendiri yang dibagi berdasarkan golongannya. Dengan pembagian klasifikasi ini berguna untuk mengelompokkannya untuk memaksimalkan setiap golongan tersebut.

Klasifikasi Tenaga Kerja

Klasifikasi yang dibagi adalah angkatan kerja dan bukan angkatan kerja. Angkatan kerja merupakan seorang penduduk yang memiliki usia produktif 15-64 Tahun baik yang ingin mencari kerja, belum bekerja ataupun yang sudah bekerja. Yang kedua adalah Bukan angkatan kerja adalah seorang penduduk yang memiliki usia lebih dari 10 tahun yang berkegiatan seperti sekolah, mengurus rumah tangga dan sebagainya. Contoh kategori ini adalah seperti mahasiswa, anak sekolah, ibu rumah tangga atau pengangguran sukarela. Secara kualitas juga klasifikasi dari tenaga kerja dibedakan menjadi tiga diantaranya.

  1. Tenaga Kerja Terlatih, tenaga kerja jenis ini mempunyai suatu kelebihan dalam pengalamannya seperti apoteker, mekanik dan ahli bedah.
  2. Tenaga Kerja Terdidik, tenaga kerja yang memiliki suatu keahlian dari pendidikan yang ia jalani baik itu formal atau non formal, pengacara, guru dan dokter.
  3. Tenaga Kerja Tidak Terlatih dan Tidak Terdidik, jenis ini seperti pekerja kasar yang mengandalkan tenaga yang dimiliki seperti buruh angkut, asisten rumah tangga dan kuli.

Berbicara Tenaga Kerja tentunya berbicara juga masalah ketenagakerjaan yang banyak dialami orang-orang. Masalah dari ketenagakerjaan ini ada karena beberapa faktor diantaranya seperti pendidikan yang rendah, pertumbuhan ekonomi yang lamban dan kesempatan mendapatkan kerja yang minim. Untuk dapat mengatasi masalah seperti ini tentunya dilakukan berbagai cara seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan meningkatkan kedua poin tersebut secara beringingan masalah yang dialami oleh ketenagakerjaan tersebut pun dapat teratasi. Tapi mengatasi masalah seperti ini tidak semudah membalikan tangan karena masalah seperti ini selalu muncul di beberapa negara tidak hanya di indonesia. Masalah yang sering muncul di negara ini biasanya seperti.

Kesempatan Kerja Yang Minim

kesempatan kerja yang minim ada karena beberapa hal salah satunya adalah produktivitas masyarakat yang rendah sehingga lapangan kerja yang ada jumlahnya tidak sesuai dengan tenaga kerja yang tersedia. Dengan banyaknya orang yang setiap tahunnya membutuhkan kerja tetapi lapangan pekerjaan yang sedikit membuat masalah ini selalu timbul.

Kualitas Tenaga Kerja Yang Rendah

Untuk masalah ini sebenarnya ada karena tingkat pendidikan yang ada di indonesia masih terbilang cukup rendah baik formal ataupun non formal. Masalah ini juga sebabnya berhubungan dengan ekonomi masyarakat indonesia, karena banyak yang tidak dapat menempuh pendidikan yang cukup akibatnya berimbas kepada penurunan kualitas dari setiap individunya.

Penyebaran Tenaga Kerja Yang Kurang Rata

Kembali lagi berawal dari permasalahan ekonomi yang membuat penyebaran tenaga kerja kurang merata. Karena biasanya lapangan pekerjaan yang tersedia lebih banyak di pusat oleh sebab itu tenaga kerja dari luar jawa datang ke jawa dengan harapan mendapatkan pekerjaan yang baik membuat tenaga kerja hanya mengharapkan pekerjaan yang ada di pusat. Sehingga tingkat kesejahteraannya pun tidak seimbang dari satu daerah ke daerah lain. Dengan itu juga dapat menyebabkan penyebaran penduduk yang tidak rata.

Pengangguran Yang Menjamur

Pengangguran adalah suatu masalah paling besar dalam ketenagakerjaan indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya populasi penduduk indonesia yang tidak disesuaikan dengan kesempatan kerja yang baik. Disamping itu, rendahnya kualitas tenaga kerja dan ekonomi tetap menjadi penyebab munculnya masalah ini.

Itulah beberapa informasi yang harus kamu ketahui mengenai pengertian tenaga kerja yang sebenarnya, untuk kamu yang ingin menjadi tenaga kerja yang baik ataupun ingin membuat tenaga kerja di indonesia lebih berkualitas.

 

Artikel terkait :