Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Departemen Jaminan Sosial

Dalam hal mendistribusikan harta Baitul Māl, Khalifah ‘Umar mendirikan beberapa departemen yang dianggap perlu, seperti:

1. Departemen Pelayanan Militer.

Departemen ini berfungsi untuk mendistribu-sikan dana bantuan kepada orang-orang yang terlibat dalam peperangan. Besarnya jumlah dana bantuan ditentukan oleh jumlah tanggungan keluarga setiap penerima dana.
2. Departemen Kehakiman dan Eksekutif.
Departemen ini bertanggung jawab terhadap pembayaran gaji para hakim dan pejabat eksekutif. Besarnya gaji ini ditentukan oleh dua hal, yaitu jumlah gaji yang diterima harus mencukupi kebutuhan keluarganya agar terhindar dari praktik suap dan jumlah gaji yang diberikan harus sama dan kalau pun terjadi perbedaan, hal itu tetap dalam batas-batas kewajaran.
3. Departemen Pendidikan dan Pengembangan Islam.
Departemen ini mendistri-busikan bantuan dana bagi penyebar dan pengembang ajaran Islam beserta keluarganya, seperti guru dan juru dakwah.
4. Departemen Jaminan Sosial.
Departemen ini menyimpan daftar bantuan untuk mereka fakir yang menderita dan miskin. Tujuan dari depertemen ini adalah agar tidak seorangpun di di negeri ini terabaikan kebutuhan hidupnya. Semua orang yang sakit, usia lanjut, cacat, yatim piatu, janda atau oleh karena sebab lain sehingga tidak mampu memperoleh penghidupan sendiri diberi bantuan keuangan secara tahunan dari Baitul Māl.
5. Departemen Pajak.
Bertugas mengelola administrasi pajak negara.
6. Departemen Kepolisian
Bertugas memlihara ketertiban dan menindak pelaku penganiayaan untuk kemudian diadili di pengadilan.
7. Departemen Pekerjaan Umum
Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pembangunan fasilitasfasilitas umum.
8. Departemen Militer
Bertanggung jawab atas pengelolaan administrasi ke-tentaraan.
Pada masa pemerintahan ‘Umar ibn Khattāb, pendapatan negara diklasifikasikan menjadi dua yakni, pendapatan dari muslin dan non-muslim. Pendapatan dari muslim berasal dari zakat, usyur, sementara pendapatan dari non-muslim berasal dari jizyah, pajak hasil tanah, pajak untuk mendapatkan hak kharāj dan pajak terhadap para pedagang non muslim. Adapun pendapatan negara yang lain ialah ganimah, hasil tambang, harta warisan yang tidak ada ahli warisnya.

POS-POS TERBARU

Flexmedia

Kembali ke atas