Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Doktrin Imamah menurut Syiah Zaidiyah

Doktrin Imamah menurut Syiah Zaidiyah

Imamah, sebagaimana telah disebutkan, merupakan doktrin fundamental dalam Syiah secara umum. Berbeda dengan pengembangan imamah dengan syiah lain, Zaidiyyah lebih tipikal, mereka menolak seorang imam pewaris Nabi SAW. telahditentukan nama dan orangnya oleh nabi, tetapi hanya sifat-sifatnya saja. Ini jelas berbeda dengan syiah lain yang menunjuk Ali sebagai imam yang pantas setelah Nabi wafat jarena Ali memiliki sifat-sifat yang tidak dimiliki oleh orang lain, seperti keturunan Bani Hasyim, wara(saleh, menjauhkan diri dari segala dosa), bertamwa, baik, dan membaur dengan rakyat  untuk mengalak mereka hingga mengakuinya sebagai imam.

Menurut Zaidiyah, paling tidak seorang ima harus bercirikan. Pertama, ia merupakan keturunanahl- al-bait, baik keturunan Hasan maupun Husein, implikasi penolakan mereka terhadap sistem pewarisan dan nas kepemimpinan. Kedua, memiliki kemampuan mengangkat senjata sebagai pertahanan diri atau menyerang, implikasi penolakan Mahdiisme yang merupakan salah satu ciri sekte syiah lain, baik yang gaib maupun dibawah umur. Bagi mereka penegak kebenarandan keadilan adalah Mahdi. Ketiga, memiliki kecenderungan intelektualisme yang dapat dibuktikan melui ide dan karya dalam bidang keagamaan. Mereka menolak kemaksuman imam.

Dalam sejarahnya Syiah Zaidiyah, krisis keimaman dalam sekte ini disebabkan oleh dua hal. Pertama, terdapat beberapa pemimpin yang memplokramirkan diri sebagai imam. Kedua, tidak seorangpun yang memplokmamirkan diri atau pantas sebagai imam. Dalam menghadapi pemecahannya, diantaranya dengan membagi  tugas imam kepada dua individu, dalam bidang politik dan bidang ilmu serta keberagamaan. Syiah Zaidiyah mencita-citakan pemimpin yang aktif bukan pasif seperti Mahdi yang gaib, menurut mereka imam tidak hanya memiliki kekuatan rohani tetapi juga bersedia melakukan perlawanan demi cita-cita suci sehingga dihormati oleh umatnya.

  1. Doktrin-doktrin Syiah Zaidiyah Lainnya

Syiah Zaidiyah berpandapat bahwa kekhalifahan  Abu Bakar dan Umar adalah sah menurut sudut pandang islam. mereka tidaklah merampas kekuasaan dari tangan Ali. Selain itu mereka tidak mengkafirkan seorang sahabatpun. Mengenai hal ini Zaid sebagaimana dikutip Abu zahrah mengatakan:

“Sesungguhnya Ali bin Abi Tholib adalah sahabat yang paling utama. Kekhalifahannya diserahkan kepada Abu Bakar  karna mempertimbangkan kemaslahatan dan kaidah agama yang mereka pelihara, yaitu untuk meredam timbulnya fitnah dan memenangkan rakyat. Era peperangan yang terjadi pada masa kenabian baru saja berlalu, pedang Amirul Mukminin Ali masih basah dengan darah orang-orang kafir. Begitu pula kedengjian suku tertentu untuk memumtut balas belumlah surut. Sedikitpun hati  kita tidaklah pantas untuk cenderung kesitu. Jangan lagi ada leher yang terputus karena masalah itu. Inilah yang dinamakan krmaslahatan bagi orang-orang yang mengenal dengan kelemah lembutan dan kasih sayang, juga bagi orang yang lebih tua dan lebih dahulu memeluk Islam, serta yang dekat dengan Rasulullah”.

Prinsip inilah yang menurut Abu Zahrah menyebabkan banyak orang  keluar  dari Syiah Zaidiyah, implikasinya berkurangnya pendukung saat peperangan melawan Hisyam bin Abdul Malik.Sekte ini percaya bahwa orang yang melakukan dosa besar, akan abadi di neraka kecuali orang yang bertobat dengan sebenar-benar tobat.  Dikarenakan Zaid mempunyai  hubungan dengan Washil bin Atha’, bahkan Abu Zahra dan moojan momen mengatakan bahwa hampir sepenuhnya mengikuti Mu’tazilah dan secara etis bisa dikatakan mereka anti-Murjiah juga puritan dalam menyikapi tarekat.

Berbeda dengan aliran syiah lain mereka menolak praktek Nikah Mut’ah dan juga menolak doktrin taqiyah. Meskipun demikian, dalam bidang ibadah mereka tetap cenderung mengamalkan amalan Syiah pada umumnya, seperti memberi selingan hayya ala khair al-amal dalam adzan, takbir sebanyak lima kali dalam sholat jenazah, menolak sahnya mask al-Khuffain,menolak imam sholat yang tidak sholeh dan menolak binayang sembelihan bukan muslim.

POS-POS TERBARU

 

Flexmedia

Kembali ke atas