DPR Sebut Turki Tak Bisa Dikte RI Terkait Tutup 9 Sekolah

DPR Sebut Turki Tak Bisa Dikte RI Terkait Tutup 9 Sekolah

DPR Sebut Turki Tak Bisa Dikte RI Terkait Tutup 9 Sekolah
DPR Sebut Turki Tak Bisa Dikte RI Terkait Tutup 9 Sekolah

Pemerintah Turki dianggap tidak berhak mengatur

urusan dalam negeri yakni meminta Indonesia menutup sembilan sekolah yang diduga terkait gerakan Fethullan Gulen.

Sebab menurut Anggota Komisi X DPR Dadang Rusdiana, menutup sebuah lembaga pendidikan di tanah air merupakan kewenangan Pemerintah Indonesia.

Dadang menilai Pemerintah Turki tidak berhak mencampuri urusan di dalam negeri Indonesia.‎ “Ya itu enggak bisa dong, sudah memasuki otoritas negara lain, enggak bisa kemudian negara lain ikut campur. Masalah penutupan lembaga pendidikan itu sepenuhnya kewenangan kita,” kata Dadang saat dihubungi, Selasa 2 Agustus 2016.

Dia pun menegaskan, Indonesia pada dasarnya

menolak sikap atau paham radikalisme. ‎”Tapi tidak boleh kemudian orang lain mengganggu otoritas kita, karena itu menyangkut kewibawaan kita,” ungkap sekretaris fraksi Partai Hanura di DPR ini.

Maka itu, Dadang pun mendukung sikap Pemerintah Indonesia yang menolak permintaan Pemerintah Turki yang meminta sembilan sekolah di tanah air ditutup karena diduga terkait gerakan Fethullan Gulen.

“Kita harus dukung apapun yang diputuskan oleh Pemerintah Indonesia

, ini menyangkut otoritas kita kewenangan kita,” ucapnya.

Dia mengatakan, tudingan Pemerintah Turki yang menyatakan sembilan sekolah terkait gerakan Fethullan Gulen perlu dipelajari. “Masalah keterlibatan itu perlu dipelajari lebih lanjut tingkat kebenarannya, ‎kalau pun ada yang terlibat, tidak mungkin institusional, ‎pasti orang-perorangan,” tuturnya.

(Baca: Mendikbud Tolak Permintaan Turki Tutup Sembilan Sekolah di Indonesia)

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Turki melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta meminta agar sembilan sekolah yang ada di Indonesia ditutup. Alasannya, sembilan sekolah tersebut terkait kelompok Fethullah Gulen, sosok yang dituduh Pemerintah Turki sebagai dalang upaya Kudeta.

 

Sumber :

http://ojel.student.umm.ac.id/ciri-ciri-tumbuhan-paku/