Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Efek Karena kelebihan Progestagen

Efek Karena kelebihan Progestagen

Progestagen dalam dosis yang berlebihan dapat menyebabkan perdarahan tidak teratur, bertambahnya nafsu makan disertai bertambahnya berat badan, akne, alopesia, kadang-kadang mamae mengecil, flour albus hipomenorea. Bertambahnya berat badan karena progestagen kiranya disebabkan oleh bertambahnya nafsu makan dan efek metabolik hormon. Akne dan alopesia bisa timbul karena efek androgenik dari jenis progestagen yang dipakai dalam pil. Progestagen dapat menyebabkan mengecilnya mamae, jika hal ini tidak disenangi oleh akseptor, dapat diberikan kepadanya pil dengan estrogen lebih banyak.

Flour albus yang kadang-kadang ditemukan pada pil dengan progestagen dalam dosis tinggi, mungkin disebabkan oleh meningkatnya infeksi dengan kandida albikans. Kadang-kadang wanita yang minum pi dengan kelebihan progestagen menderita depresi. Ada alasan kuat bahwa depresi itu timbul pada wanita yang sehat, akan tetapi pada wanita yang sebelumnya sudah secara emosional tidak stabil.

  1. Efek samping yang berat

Bahaya yang dikhawatirkan dengan pil adalah trombo-emboli, termasuk tromboflebitis, emboli paru-paru, dan trombosis otak. Mengenai hal ini laporan-laporan dalam kepustakaan sering kali bertentangan. Yang dapat dipakai sebagai pegangan ialah, bahwa kemungkinan untuk terjadinya trombo emboli pada wanita yang minum pil, lebih besar apabila ada faktor-faktor yang memberikan predisposisi, seperti merokok, hipertensi, diabetes melitus, obesitas. (Winkjosastro, 2009)

  1. Kerangka Konseptual

Adapun kerangka konsep Karya Tulis Ilmiah penelitian ini adalah tentang Gambaran  Efek samping Pemakaian Alat Kontrasepsi Pil Kombinasi di UPTD Puskesmas Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone Tahun 2015, adalah :

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/

Flexmedia

Kembali ke atas