Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Ejakulasi

Ejakulasi

Adalah saat pengeluaran sperma yang merupakan titik kulminasi aksi seksual pada laki-laki. Semen diejakulasi melalui serangkaian semprotan. Impuls simpatis dari pusat reflek medulla spinalis menjalar dsepanjang syaraf spinal lumbal (L1 dan L2) menuju organ genital dan menyebakan kontriksi peristaltic dalam duktus testis,epididimis dan duktus deferen. Kontraksi ini menggerakkan sperma di sepanjang saluran. Impuls parasimpatis menjalar pada saraf pudendal dan menyebabkan otot bulbokavernosum pada dasar penis berkontraksi secara berirama (Marieb.2011)

Kontraksi yang stimulant pada vesika seminalis, prostate dan kelenjar bulbouretral menyebabkan terjadinya sekresi cairan seminal yang bercampuran dengan sperma untuk membentuk semen (Marieb.2011)

  1. Kuantitas dan komposisi semen

Volume ejakulasi berkisar antara I ml sampai 10 ml dan rata-rata 3 ml. semen terdiri dari 90% air dan mengandung 50-120 juta sperma per ml. volume sperma mencapai 5% volume semen (Marieb.2011)

Bagian pertama ejakulasi mengandung spermatozoa cairan epididimal, dan sekresi kelenjar prostate dan bulbouretral. Bagian terakhir ejakulasi berisi sekresi dari vesikal seminalis (Marieb.2011)

Setelah ejakulasi, spermatozoa bertahan hidup hanya 24 sampai 72 jam dalam reproduksi perempuan. Sperma dapat disimpan beberapa hari pada suhu rendah atau dibekukan jika akan disimpan lebih dari 1 tahun. Spermatozoa bergerak dengan ekornya 1-4 mm/mt. (Marieb.2011)

suber :

Flexmedia

Kembali ke atas