Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

 Eropa Modern

 Eropa Modern

Fenomena memunculkan protes dan gerakan-gerakan pembaharuan. Gerakan inilah Eropa modern atau zaman modern. Gerakan ini serig disebut denga geraka “Renains”, berasal dari bahasa Inggris renainnssce yang artinya “lahir kembali” atau “kelahiran kembali”. Maksudnya adaah bentuk penghargaan yang tinggi oleh filsof Yuani Kuno, lalu disembunyikan dann tenggelam oleh bangsa gereja.

Gerakan renaisans dipeloporioleh para humanis, yatu orang-orang yng menempatkan manusia sebagai sentral alam semesta ini menggantikan kekuasaan agama, dalam koteks ini adalah agama Kristen. Semagat renaisans menimbulkan rasa kepercayaan pada otonomi manusia dalam memperoleh kebenaran. Kebenaran tidak lagi bersumber pada teks-teks suci melainkan pada langkah-langkah metodis dan empiris hasil upaya dan pemikiran manusia. Gerakan renainsans merupaka titik tolak kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Pada era ini, banyak temuan mesin seperti mesin percetakan dan penemuan benua baru oleh Coombus yang menjadi pemacu kemajuan ilmu berikutnya. Tokoh-tokoh yang memiliki kontribusi besar dan memajukan ilmu pengetahuan yaitu:

  • Nikolaus Koperikus (1473-1543)

Menemukan teori bumi dan planet ini semuanya mengelilingi matahari. Matahari adalah pusat jagat raya (heliosentrisme)

  • Francis Bacon (1561-1662)

Orang yang meletakan dasar-dasar bagi metode induksi yang modern dan menjadi pelopor bagi usaha untuk menistimewakan secaara logis prosedur ilmiah. Ada tiga cara yang di tempuh, yaitu:

  1. Mewancarai alam
  2. Oran harus bekerja dengan metode yang benar
  3. Orang harus bersikap positif terhadap bahan yang telah disajikan. Maksudnya harus menghidarkan diri dari prasangka-prasangka terlebih dahulu.
  • Johanes Kepler (1571-1630)

Adalah seorang matematika ia menemukan 3 macam hukum gerak bagi planet, yaitu:

  1. Planet-planet bergerak dengan membuat lingkaran bulat-panjang dengan matahari sebagai titik api dan fokus.
  2. Garis yang menghubungkan pusat matahari dengan matahari dalam bentuk yag sama akan membentuk bidang yang sangat luas.
  3. Kuadrat periode planet mengelilingi matahari sebanding dengan pangkat tiga dari rta-rata jaraknya terhadap matahari.

baca juga :

Flexmedia

Kembali ke atas