Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Faktor-Faktor  Penentu Kemampuan Membaca

Faktor-Faktor  Penentu Kemampuan Membaca

    Telah dikemukakan bahwa kemampuan membaca ialah kecepatan membaca dan pemahaman isi. Dan kemampuan membaca ditentukan oleh faktor pokok sebagai berikut :

  1. 1. Kompetensi Kebahasaan

    Penguasaan bahasa secara keseluruhan, terutama tata bahasa dan kosa kata, ejaan dan tanda baca. Hal ini memegang peranan penting, leh karena itu bagian tata bahasa harus dikuasai benar-benar.

  1. Kemampuan Mata

    Mata memiliki peranan penting dalam membaca. Peranan yang dimaksud ialah menerima stimulus dari bacaan dan meneruskannya ke otak untuk diproses. Kemampuan mata melakukan gerakan-gerakan membaca yang efisien, seperti fiksasi (pemusatan pengelihatan).[6]

  1. Fleksabilitas Membaca

    Kemampuan menyesuaikan strategi membaca dengan kondisi baca. Yang dimaksud strategi membaca ialah teknik-teknik dalam membaca, kecepatan membaca dan gaya bahasa ( santai,serius, konsentrasi). Dan kondisi baca ialah tujuan membaca materi bacaan.[7]

  1. Kebiasaan Membaca

    kebiasaan membaca yaitu suatu minat (keinganan, kemauaan, dan motivasi) dan ketrampilan membaca yang baik dan efisien, yang telah berkembang dan membudaya secara maksimal dalam diri seseorang.

     Jika faktor-faktor tersebut di atas telah dipahami dan dikuasai oleh seseorang ,maka akan memiliki kemampuan membaca yang maksimal.

sumber :

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/

Flexmedia

Kembali ke atas