Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Fungsi Penis

Fungsi Penis

Ada dua cairan yang keluar dari penis yaitu urin dan semen / air mani. Urin adalah cairan sisa yang dikeluarkan tubuh dan tersimpan di kandung kemih (bladder). Semen adalah cairan yang berisi protein dan merupakan nutrisi bagi sperma sekaligus media yang mengantar sperma keluar dari penis, semen diproduksi di prostat. Sperma adalah sel pria yang diproduksi di dalam testis yang bertugas membuahi sel telur (Verrals, Sylvia. 2011).

Urin, semen, dan sperma keluar dari tubuh melalui saluran yang sama, yaitu uretra. Proses keluarnya urin disebut kencing dan proses keluarnya semen beserta sperma disebut ejakulasi. Saluran uretra berakhir di ujung kepala penis (meatus), yang menjadi tempat keluarnya urin, semen, dan sperma. Sehingga secara umum fungsi penis ada dua, yaitu :

1)      Urination, penis berfungsi sebagai tempat keluarnnya air seni dari kandung kemih.

2)      Ejakulasi, penis berfungsi untuk melepaskan semen (air mani) dari kelenjar prostat dan sperma dari testis.

Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi penis berkaitan dengan fungsi reprosuksi, seksual dan ereksi (pengeluaran). Menjalankan fungsi ereksi, penis bertugas mengeluarkan cairan sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan tubuh, fungsi reproduksi untuk menyalurkan sel sperma ke dalam rahim wanita agar dapat membuahi sel telur wanita (procreation). Dan fungsi seksual sebagai alat untuk melakukan aktifitas seksual, baik itu bersama pasangan maupun sendiri (recreation) (Verrals, Sylvia. 2011).

  1. Struktur Internal Penis

Struktur internal penis terdiri dari dua ruangan berbentuk jaringan (copora cavernosa) yang berjalan di sepanjang penis, uretra (tabung untuk mengeluarkan urin dan ejakulasi), jaringan erektil yang mengalilingi uretra, dua arteri utama, dan beberapa pembuluh darah dan saraf. Bagian terpanjang dari penis adalah shaft, bagian ujung atas penis terdapat kepala berbentuk cendawan yang disebut glans penis (Verrals, Sylvia. 2011).

Secara umum penis terdiri atas tuga bagian utama, yang terbuat dari bahan seperti busa yang dapat terii darah, yaitu :

1)      Dua buah Corpora Cavernosa di kiri dan kanan atas, kedua Corpora Cavernosa ini diliputi oleh jaringan ikat yang disebut tunica albuginea, satu lapisan kolagen yang padat dan di luarnya ada jaringan yang kurang padat yang disebut fascia buck.

2)      Korpus Spongiosum, yang berada di bawah dua corpora cavernosa dan mengelilingi uretra.

 

sumber :

 

http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/05/seva-mobil-bekas/

Flexmedia

Kembali ke atas