Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Gigi Palsu Permanen Bridge

Gigi Palsu Permanen Bridge

Gigi palsu permanen yang berikutnya adalah bridge, Gigi tiruan permanen bridge biasanya digunakan untuk menggantikan gigi asli yang hilang lebih dari satu. Tidak seperti implant yang cara pemasanganya harus di tanam kedalam gusi, gigi tiruan permanen bridge disangga oleh gigi lain yang berada disebelahnya. Biasanya dokter gigi akan mengecilkan gigi terlebih dahulu dan kemudian dipasangi crown.

Salah satu hal yang cukup menarik dari gigi tiruan permanen bridge adalah haganya yang cukup terjangkau. Selain itu pada prosedur pemasangannya juga relatif lebih mudah karena tidak dibutuhkan pembedahan seperti pada implan.

Namun selain memiliki kelebihan di harga, namun gigi bridge juga mempunyai sedikit kekurangan, yaitu pada saat pemasangan butuh gigi lain untuk menyangganya. Untuk pemasangan crown di gigi sebelahnya, biasanya dokter gigi harus mengecilkan gigi sebelahnya tersebut menjadi lebih kecil, baru di pasangi crown.

Lalu kira-kira gigi palsu bridge bisa bertahan berapa lama? mungkin ada diantara Anda para pembaca blog caraobatisakitgigi.blogspot.com yang bertanya demikian. Untuk keawetan bisa dibilang relatif, tergantung dari desain brige yang bagus dan juga faktor kebersihan mulut dan gigi yang terjaga, bila kebersihan mulut baik, gigi tiruan bridge bisa bertahan bertahun-tahun.

Apakah semua gigi asli yang rusak bisa dipasangi gigi tiruan bride? ternyata tidak semua gigi bisa di terapkan metode bridge. Contohnya, bila gigi yang hilang terlalu banyak, maka metode ini agak susah di terapkan, atau kondisi gigi disebelahnya yang sudah goyang.  Namun untuk mengatasi hal tersebut biasanya dokter akan menyarankan untuk pemasangan kombinasi, ya, kombinasi implan dan bridge, atau bisa juga menggunakan gigi tiruan yang bisa di lepas dan pasang. Untuk memastikan gigi palsu mana yang cocok untuk kondisi gigi Anda, sebaiknya tanyakan langsung kepada dokter gigi.

Gigi Palsu Lepasan: Sama seperti gigi palsu permanen yang terdiri dari 3 jenis atau tiga macam, gigi palsu lepasan juga memiliki tiga tipe yaitu, gigi palsu akrilik, gigi tiruan valplast dan gigi tiruan frame (biasa juga disebut kerangka logam). Penjelasan lengkapnya dibawah ini

Gigi Palsu Lepasan Akrilik

Dari segi harga, gigi tiruan lepasan yang satu ini adalah gigi palsu yang memiliki harga relatif murah. Dari segi bentuk, gigi palsu akrilik memiliki plat yang cukup tebal, selain itu terdapat kawat pengait (klam), yang berfungsi untuk mengaitkan akrilik dengan gigi lain disebelahnya.

Pada artikel sebelumnya kami juga sudah pernah membahas tentang metode pembuatan gigi palsu akrilik, tahukah Anda ternyata gigi palsu akrilik tidak dibuat oleh dokter gigi loh, penasaran ingin tahu siapa pembuat gigi palsu akrilik? silahkan baca artikel kami tentang Cara Membuat Gigi Palsu Akrilik.

5. Gigi Palsu Lepasan Valplast / Flexi Denture

Meskipun sama-sama gigi palsu lepasan (bisa di copot dan dipasang sewaktu-waktu), namun gigi palsu valplast (flexi denture) memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan akrilik. Dan pada valplast tidak menggunakan pengait (klam), jadi lebih nyaman saat di gunakan.

Dari segi harga, untuk gigi tiruan varplast masih berada diatas harga gigi palsu akrilik, mengingat kenyamanan dalam pemakaiannya, gigi varlplast bisa di jadikan alternatif untuk mengatasi gigi ompong dengan harga yang terjangkau.

Sumber: https://newsinfilm.com/

Flexmedia

Kembali ke atas