Hak Cipta Terhadap Produk IT

Hak Cipta Terhadap Produk IT

Hak Cipta Terhadap Produk IT

Di dalam perjanjian universal copyright, setiap negara anggota memberikan perlindungan yang sama untuk bekerja (baik dipublikasikan atau tidak) dari warga negara lain, untuk setiap karya yang dibuat, untuk setiap anggota negara lain seperti hibah kepada warga negara untuk hak karya yang diterbitkan di wilayahnya atau karya yang belum dibuat di dalam wilayahnya. Hal ini disebut  “national treatment.” Dengan demikian, perangkat lunak yang dibuat oleh penulis AS atau pertama kali diterbitkan di Amerika Serikat dilindungi di negara anggota konvensi yang menerapkan undang-undang hak cipta ini.

Universal Copyright menyatakan bahwa negara anggota manapun yang memerlukan, sebagai syarat untuk perlindungan hak cipta, sesuai dengan formalitas (seperti pendaftaran, deposito atau pemberitahuan) harus memberlakukan formalitas sepert untuk semua salinan penerbitan karya harus menggunajan simbol “©,” dengan diikuti nama pemilik hak cipta dan tahun publikasi pertama.

Ketentuan ini berlaku, tetapi, hanya untuk karya-karya yang (i) pertama kali diumumkan di luar negeri yang membutuhkan ketaatan dari formalitas, dan (ii) tidak ditulis oleh salah satu warga negara itu. Berbeda dengan Berne, formalitas seperti pendaftaran diizinkan di bawah UCC untuk membawa setelan pelanggaran.

Baca :