Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Hubungan Teman Sebaya yang Penting pada Masa Remaja

Hubungan Teman Sebaya yang Penting pada Masa RemajaHubungan Teman Sebaya yang Penting pada Masa Remaja

  1. Pertemanan

Pada kebanyakan anak, menjadi populer diantara teman sebaya mereka adalah motivator yang sangat kuat. Bagimanapun remaja lebih memilih untuk memiliki pertemanan yang lebih intens dengan sejumlah anak sebayanya. Dalam usia remaja, individu cenderung lebih mempercayai teman daripada orangtuanya, bahkan akan ada suatu keadaan dimana remaja memusuhi orangtuanya karena membela temannya.

Menurut Harry Stack Sullivan, teman menjadi sangat penting dalam memenuhi kebutuhan sosial remaja. Secara khusus Sullivan berpendapat bahwa kebutuhan akan keintiman semakin intensif selama masa remaja awal, memotivasi remaja untuk mencari teman dekat, jika remaja gagal menjalin pertemanan dekat, mereka mengalami kesepian dan rasa penghargaannya terhadap diri akan berkurang.

Fase ini sangat memerlukan bimbingan orang tua, karena bagi remaja yang belum memiliki kepastian identita sosial yang menjadi sangat patuh pada teman sebayanya karena menganggap mereka memilki kedudukan yang lebih tinggi dari pada dirinya, sehingga mengarahkan dirinya sendiri menjadi korban bullying, terlebih jika remaja itu sudah terlibat dalam suatu perkumpulan.

  1. Kencan

Ada tiga tahap yang menandai perkembangan hubungan romantis pada masa remaja, yaitu :

  • Ketertarikan terhadap hubungan romantis (11 – 13 y.o), hal ini dipicu oleh pubertas, dimana anak menjadi sangat tertarik dengan hubungan percintaan dan mulai menyukai obrolan dengan lawan jenis.
  • Mengeksplor hubungan romantis (14 – 16 y.o), pada tahap ini individu mulai melakukan hubungan romantis yang disebut kencan.
  • Menguatkan ikatan pasangan romantis (17 – 19 y.o), diusia ketika masa sekolah menengah ahir hungun romantis mulai beranjak serius dan mendekati hubungan romantis dewasa.

Sumber :

https://civitas.uns.ac.id/kasiono/jasa-penulis-artikel/

 

Flexmedia

Kembali ke atas