Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

 Hubungannya dengan perputaran usah

 Hubungannya dengan perputaran usaha / ekonomi

Petunjuk ekonomi dapat memilki satu dari 3 hubungan yang berbeda terhadap ekonomi:

1      Prosiklik: petunjuk ekonomi prosiklik (atau yang berhubungan sesuai dengan masa peredaran/perputaran) adalah petunjuk yang  bergerak kearah yang sama dengan ekonomi. Jadi jika kondisi ekonomi dalam keadaan baik angka di dalam “sesuai peredaran” biasanya juga meningkat. Sebaliknya jika kita dalam kondisi resesi maka angka pada petunjuknya pun akan menurun. Pendapatan kotor domestik (GDP) adalah satu contoh dari petunjuk ekonomi yang sesuai peredaran.

2      Tidak sesuai peredaran/perputaran: petunjuk ekonomi yang tidak sesuai peredaran (atau countercyclical) adalah yang bergerak berlawanan arah dengan ekonomi. Angka pengagguran menjadi besar sebagaimana kondisi ekonomi yang memburuk, jadi ini merupakan sebuah petunjuk ekonomi yang berlawanan arah.

3      Asiklik: petunjuk ekonomi asiklik adalah yang tidak memiliki hubungan dengan sehatnya kondisi ekonomi dan pada umumnya sedikit sekali kegunaannya. Jumlah rumah yang terjual dalam pameran di Montreal melonjak tahun ini, hal ini tidak ada hubungannya dengan sehatnya ekonomi, jadi bisa kita katakan  hal ini adalah petunjuk ekonomi asiklik.

* Frekuensi Data

Di banyak negara gambaran GDP dikeluarkan per kwartal (setiap 3 bulan) sementara angka pengangguran dikeluarkan setiap bulan. Beberapa petunjuk ekonomi seperti indeks Down Jones tersedia dengan segera dan selalu berubah setiap menit.

* Waktu

Petunjuk ekonomi dapat menjadi terdepan, tertinggal atau secara kebetulan yang mana mengindikasikan waktu dari perubahan relatif mereka terhadap ekonomi sebagai perubahan keseluruhan.

1      Memimpin: petunjuk ekonomi yang memimpin adalah petunjuk yang berubah sebelum perubahan ekonomi. Kembalinya pasar saham adalah sebuah petujuk yang terdepan, sebagaimana pasar saham biasanya mulai menurun dan bangkit kembali sebelum ekonomi mulai keluar dari resesi. Petunjuk ekonomi yang memimpin adalah tipe yang paling penting untuk penanam modal untuk membantu meramalkan keadaan ekonomi dimasa yang akan datang.

2      Kemunduran: Sebuah petunjuk kemunduran ekonomi adalah tidak berubahnya arah sampai beberapa kwartal dari perubahan ekonomi. Angka pengagguran adalah sebuah petunjuk kemunduran ekonomi sebagaimana pengangguran cenderung meningkat untuk jangka waktu 2 atau 3 kwartal setelah kondisi ekonomi mulai membaik.

3      Kebetulan: petunjuk ekonomi secara kebetulan adalah hanya bergerak bersamaan dengan kondisi ekonomi. Produksi kotor domestik adalah sebuah petunjuk secara kebetulan.

Banyak kelompok yang berbeda-beda mengumpulkan dan menerbitkan petunjuk-petunjuk ekonomi, akan tetapi yang paling penting yaitu koleksi Amerika tentang petunjuk ekonomi adalah yang diterbitkan oleh kongres Amerika. Petunjuk ekonomi mereka diterbitkan setiap bulan dan juga tersedia untuk di unduh (download) dalam bentuk PDF dan TEXT. Petunjuk-petunjuk tersebut dibagi kedalam 7 kategori yang luas.

1      Total Hasil, Pendapatan dan Pengeluaran

2      Pekerja, Pengganguran, dan Gaji

3      Produksi dan aktifitas bisnis

4      Harga

5      Uang, Kredit dan Pasar

6      Keuangan Pemerintah Pusat

7      Statistik Internasional

Setiap statistik dalam kategori ini membantu menciptakan sebuah gambaran tentang hasil ekonomi dan bagaimana kondisi ekonomi di masa yang akan datang.

 

Flexmedia

Kembali ke atas