Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Instrumen kebijakan langsung (direct monetary instruement)

Instrumen kebijakan langsung (direct monetary instruement)

     Instrumen kebijakan moneter langsung adalah instruemen kebijakan yang digunakan bank sentral untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar secara langsung. Intstrumen ini memiliki kemampuan yang langsung mempengaruhi neraca bank-bank umum, dengan menetapkan tingkat bunga simpanan maupun tingkat bunga pinjaman (interest rete celling) atau menetapkan maksimal kredit yang dapat disalurkan oleh setiap bank disebut Credit Celling.

Berikut instrumen kebijakan moneter langsung yang biasa digunakan oleh bank sentral atau otoritas moneter terdiri dari beberapa jenis antara lain :

  1. Credit Celling

Credit celling  atau pagu kredit adlah penentuan jumlah batas maksimal kredit yang diperbolehkan untuk disalurkan oleh masing-masing bank yang ditetapkan oleh bank sentral. Penentuan pagu kredit yang dapat disalurkan dapat ditetapkan berdasarkan jumlah modal yang dimilikioleh bank atau dikaitkan dengan jumalah dana pihak ketiga yang dikelola.

  1. Penetapan Tingkat Bunga

Bank sentral dalam melaksanakan pengedalian moneter langsung dengan menetapkan tingkat bunga (interest rate celling), dilakukan dengan menentukan besarnya tingkat suku bunga yang diberikan atau dikenakan oleh bank kepada nasabahnya, baik nasabah deposan atau penabung maupun nasabah debiturnya.

  1. Penurunan nilai uang

Salah satu kebijakan pengendalian moneter yang berdampak langsung terhadap pengurangan jumalah uang yang beredar adalah dengan menurunkan nilai uang yang ada ditangan masyarakat atau diperbankan. Nilai penurunan uang biasanya dilakukan dengan presentase tertentu, misalnya 25% atau 50% dari nilai nominal uang, tergantung  kebijakan pemerintah atau bank sentral. Pengurangan nilai uang tersebut tidak mendapat penggantian dari pemerintah.

  1. Kredit langsung

Kredit langsung dimaksudkan untuk membantu pembiayaan sektor-sektor usaha tertentu yang diprioritaskan untuk dikembangkan dan telah diprogramkan oleh pemrintah. Kredit ini disalurkan langsung oleh pemerintah melalui lembaga keuangan (perbankan) sebagai agennya. Oelh karena itu program ini disebut kredit program.

 

sumber :

Flexmedia

Kembali ke atas