Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Jenis Pakan Sapi Potong dengan Cara Penggemukan Sapi

Jenis Pakan Sapi Potong dengan Cara Penggemukan Sapi

Cara Penggemukan Sapi

Setelah mengetahui cara pemberian makan yang berpengaruh pada cara penggemukan sapi. Maka kita juga perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang dapat dikonsumsi saat proses cara penggenukan sapi pada ternak anda. Umumnya pakan ternak sapi potong terbagi menjadi pakan utama yaitu; hijauan atau hijau-hijauan, pakan penguat (konsentrat), dan pakan tambahan (Feed suplement). Berikut merupakan macam-macam pakan sapi :

1. Hijauan

Hijauan atau hijau-hijauan merupakan pakan utama dari ternak sapi potong. Jenis hijauan yang dapat diberikan sebagai pakan sapi diantaranya rumput unggul, rumput lokal, leguminosa, limbah pertanian, dan agroindustri. Beberapa contoh hijauan pakan unggul yaitu berupa rumput gajah, rumput raja, rumput setaria, dll. Sedangkan hijauan pakan unggul berupa daun-daunan yaitu leguminosa (kacang-kacangan, lamtoro, dan gamal). Hasil dari tanaman pertanian atau biasa disebut sebagai limbah pertanian yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak sapi adalah jerami padi, jerami kacang tanah, kacang kedelai, pucuk jagung muda, dll. Pakan hijauan yang diberikan pada sapi potong pada biasanya sebanyak 10-12% dari jumlah bobot badan sapi tersebut.

2. Konsentrat

Jenis makanan sapi berupa konsentrat yaitu campuran beberapa bahan pakan yang bermanfaat untuk melengkapi gizi yang kurang dari pemberian pakan hijauan. Bahan pakan konsentrat yang dapat diberikan pada ternak sapi potong biasanya adalah dedak padi yang tentunya bisa didapatkan dari mesin giling sekam, bungkil kelapa, jagung giling, bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kecap, atau dapat juga memberikan konsentrat pabrikan yang telah diformulasikan dalam pembuatannya. Kadar pakan konsentrat yang diberikan kepada ternak sapi potong pada umumnya sebanyak 1% hingga 2% dari bobot badan sapi tersebut.

3. Pakan tambahan (feed suplement)

Merupakan pakan opsional untuk hewan ternak, bisa juga disbut pakan tambahan yang dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan ternak sapi potong lebih cepat, dapat mencegah penyakit, dan juga melengkapi ransum pakan ternak. Jenis pakan ini terdiri antara lain campuran vitamin dan mineral, contohnya: Premix A, Premix B, Mineral B12, dan lain-lain. Feed suplemen biasanya diberikan 1% dari total ransum yang tersedia.

Sekian terkait panduan bagaimana cara penggemukan sapi dengan baik juga efektif. Selain dari jenis sapi kemudian pakan maupun metode pemberiannya. Ternyata metode dalam manajemen kandang pada ternak sapi juga perlu diperhatikan. Setelah mengetahui seperti apa manajemen kandang, yang perlu diperhatikan juga cara penggemukan sapi mulai dari pemilihan bibit hingga pemberian pakan yang tepat. Semoga dapat bermanfaat ulasan kami terkait cara penggemukan sapi ini, dan selamat mencoba


Flexmedia

Kembali ke atas