Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

  KARAKTERISTIK EKONOMI MIKRO ISLAM

  KARAKTERISTIK EKONOMI MIKRO ISLAM  KARAKTERISTIK EKONOMI MIKRO ISLAM

Beberapa karakteristik Ekonomi Mikro Islam adalah sebagai berikut.

  1. Ekonomi Islam pengaturannya bersifat ketuhanan/ilahiah

Mengingat dasar pengaturannya yang tidak diletakkan oleh manusia, akan tetapi didasarkan pada aturan-aturan yang ditetapkan Allah SWT., sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jadi, berbeda dengan hukum ekonomi lainnya yakni kapitalis dan sosialis yang tata aturannya semata-semata didasarkan atas konsep-konsep yang dibuat oleh manusia (para ekonom).

  1. Dalam Islam, ekonomi hanya merupakan satu titik bahagia dari al-Islam secara keseluruhan

Ekonomi hanya merupakan salah satu bagian atau tepatnya subsistem dari al-Islam yang bersifat komprehensif, maka ini artinya tidaklah mungkin memisahkan persoalan ekonomi dari rangkaian ajaran Islam secara keseluruhan yang bersifat utuh dan menyeluruh.

  1. Ekonomi berdimensi akidah atau keakidahan

Mengingat ekonomi Islam itu pada dasarnya terbit atau lahir dari akidah Islamiah yang di dalamnya akan dimintakan pertanggungjawaban terhadap akidah yang diyakininya. Atas dasar ini maka seorang muslim terikat dengan sebagian kewajibannya semisal zakat, sedekah, dan lain-lain walaupun dia sendiri harus kehilangan sebagian kepentingan dunianya karena lebih cenderung untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. di hari kiamat kelak.

Sumber :

https://veragibbons.com/

 

Flexmedia

Kembali ke atas