Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Kebijakan Moneter

Kebijakan Moneter

     Kebijakan moneter atau  Moneter Policy memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pencapaian sasaran ekonomi makro. Pengambilan kebijakan yang tepat akan mempengaruhi stabilitas harga, tingkat pertumbuhan ekonomi , perluasan dan penciptaan kesempatan kerja dan keseimbangan neraca pembayaran. Sasaran dari kenijakn moneter ini sering berbenturan satu sama lain, misal pertimbangan kepentingan pertumbuhan ekonomi disatu pihak dengan laju inflasi yang rendah dipihak lainnya.

Implementasi kebijakan moneter dalam mencapai sasran dilkukan dengan dua pendekatan:

  1. Pendekatan harga (price targetting) digunakan untuk kebijakan moneter satu/tunggal sasaran(stabilitas harga atau pengendalian tingkat inflasi).
  2. Pendekatan kuantitas, untuk kebijakan moneter sasaran multi (pertumbuhan ekonomi, perluasan kesempatan kerja dll)

     Dalam pendekatan kuantitas , jumlah uang primer diupayakan selalu terkendali sehingga jumlah uang yang beredar (MI dan M2) dapat terkendali. Dan dengan jumlah uang yang beredar terkendali diharapkan permintaan agregat akan seimbang dengan kemampuan nasional sehingga nilai tukar dapat bergerak stabil.

Instrumen Kebijakan Moneter

     Kebijakan moneter yang mengarah pada kebijakan pengetatan atau kontraksi moneter (Monetary contraction policy) atau kabijakan ekspansi (expantion policy) Pelaksanaan kebijakan pengendalian uang beredar tergantung pada kondisi uang beredar dan arah kebijakan moneter bank indonesia. Jika jumlah uang yang beredar melebihi jumlah yang ditargetkan, maka akan dilakukan kebijakan pengetatan atau kontraksi. Demikian juga bila uang yang beredar perlu diperlonggar Bank Indonesia akan menjalankan kebijakan ekspansi.

Beberapa instrumen kebijakan moneter dapat digolongkan menjadi dua jenis instrumen :

  1. Instrumen kebijakan langsung (direct monetary instruement) dan
  2. Instrumen kebijakan moneter tidak langsung (indirect monetary policy instrument)

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/

Flexmedia

Kembali ke atas