Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

KEMUNCULAN INTERNET

KEMUNCULAN INTERNET

KEMUNCULAN INTERNET

World Wide Web (wwww) atau

yang lebih dikenal sebagai internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan satu media dengan media lainnya dengan menggunakan transmisi secara global. Internet menjadi salah satu hal vital yang ada di kehidupan manusia.

Internet mempermudah segala proses tradisional yang membutuhkan waktu lama bisa dilakukan hanya dalam beberapa detik hingga menit. Tak heran internet kini telah berusia puluhan tahun dan masih tetap diminati.

Internet sendiri pertama dicetuskan pada tahun 1969. Kala itu, para peneliti di Universitas di California, Los Angeles (UCLA). Para peneliti itu awalnya hanya berusaha mengirim 3 huruf yakni LOG ke komputer lain dalam bentuk kode biner. Kemudian komputer yang mendapatkan 3 huruf itu menambahkan dua huruf lain dan menjadi LOGIN.

Suksesnya percobaan penelitian di UCLA itu pun melahirkan proyek lebih besar yang bernama ARPANET yang merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network. Awalnya ARPANET dibangun demi keperluan militer Amerika Serikat.

Mereka ingin mengembangkan sebuah sistem dimana komputer satu bisa terhubung dengan komputer lainnya agar bisa menghindari kondisi informasi terpusat. Jika perang terjadi dan informasi hanya terpusat dalam satu titik, maka data bisa hilang dan merugikan negara.

Proyek ARPANET pada mulanya hanya menghubungkan empat komputer yang membentuk jaringan terpadu dari empat universitas yakni Stanford Research Institut, University of California, Santa Barbara dan University of Utah pada tahun 1969.

ARPNET lantas kemudian berkembang pesat dan kemudian dipecah menjadi dua. Satu untuk keperluan militer dan satu untuk keperluan non militer. Jaringan yang dipecah untuk non militer itulah yang akhirnya terus berkembang dan kini dikenal dengan nama internet. Maka kita tidak heran bahwa ARPANET masih disebut-sebut hingga sekarang karena ini merupakan bagaian dari sejarah internet yang sangat penting.


Sumber: https://www.loljam.com/driving-zone-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas