Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Kesalahpahaman Konsep Multimedia

Kesalahpahaman Konsep Multimedia

Kesalahpahaman Konsep Multimedia

Beberapa kesalahpahaman tentang konsep me­ngenai multimedia yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang sayangnya mereka tidak pernah menyadari akan kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sebagian besar pengguna teknologi multi media masih menganggap bahwa multi media hanya sebagai alas penampil suatu materi yang akan disampaikan. Padahal hal ini salah sebab tidak semua multimedia mampu memberikan semua itu.

2. Multimedia dipandang sebagai wahana yang selalu memberikan dampak yang positif pada pembelajaran. Ini memang ada benarnya, karena kita semua tahu bahwa multimedia tentu akan memberikan efek yang positif dalam proses pembelajaran. Namun demikian perlu diingat, bahwa tidak selamanya multimedia akan memberikan efek yang positif Baja, bisa juga multimedia justru akan memberikan efek yang negatif jika kita tidak mampu meng­gunakannya sesuai dengan proporsinya.

3. Karena multimedia memanfaatkan banyak ber­bagai ragam media seperti (audio, visual, animasi gerak, dll) maka peserta merta akan menghasilkan proses kognitif yang banyak pula, dan kita harus menyadari dan memahami semua itu. Dengan bahasa sederhana dikatakan bahwa dengan mem­berikan banyak hal (teks, gambar, animasi, dll.) maka peserta didik akan mendapatkan lebih ba­nyak lagi metode dalam proses pembelajaran.

Kembali lagi pada topik terkemuka, sebelum kita mencari jawaban atas pertanyaan di atas hen­daknya kita memahami level-level pada multimedia yang sudah umum dalam dunia kita. Secara keselu­ruhan, multimedia terdiri dari tiga level yang cukup signifikan yaitu:

a. Level teknis

yaitu multimedia berkaitan dengan alat-alat teknis; alat-alat ini dapat diartikan se­bagai wahana yang meliputi tanda-tanda (signs).

b. Level semiotik

yaitu representasi hasil multime­dia seperti teks, gambar, grafik, tabel, d1l.

c. Level sensorik

yaitu yang berkaitan dengan sa­luran sensorik yang berfungsi untuk menerima tanda (signs).

baca juga:

Flexmedia

Kembali ke atas