Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Konsep Dasar HAM

Konsep Dasar HAMKonsep Dasar HAM

HAM merupakan hak dasar yang melekat dan dimiliki setiap manusia sebagai anugerah dari Tuhan YME. Pendapat lain yang senada menyatakan bahwa HAM adalah hak-hak dasar yang dibawa sejak lahir dan melekat dengan potensinya sebagai makhluk dan wakil Tuhan. Oleh karena itu, rumusan yang lebih sesuai adalah hak dasar yang melekat pada manusia sejak ia hidup.

Dengan pengakuan akan prinsip dasar tersebut, setiap manusia memiliki hak dasar yang disebut hak asasi manusia. Jadi, kesadaran akan adanya hak asasi manusia tumbuh dari pengakuan manusia sendiri bahwa mereka adalah sama dan sederajat. Pengakuan terhadap HAM memiliki dua landasan, sebagai berikut:

  1. Landasan yang langsung dan pertama, yakni kodrat manusia. Semua manusia adalah sederajat tanpa membedakan ras,suku,agama,bahasa dan sebagainya.
  2. Landasan yang kedua dan lebih dalam : Tuhan menciptakan manusia. Semua manusia adalah makhluk dari pencipta yang sama yaitu Tuhan YME.

Dengan demikian, kesadaran manusia akan HAM itu ada, karena pengakuan atas harkat dan martabat yang sama sebagai manusia. Bila HAM belum dapat ditegakkan maka akan terus menjadi pelanggaran dan penindasasn akan HAM, baik oleh masyarakat, bangsa, dan pemerintah suatu negara. Kita sebagai bangsa sungguh menderita, sengsara,tertindas, dan tidak bebas. Oleh karena itu, perjuangan menegakkan HAM harus menerus dilakukan.

HAM wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum,pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan mertabat manusia.

Secara definitif, Hak artinya kekuasaan atau wewenang yang dimiliki seseorang atas sesuatu diluar dirinya(Suria Kusuma,1986). Kebalikan dari hak adalah kewajiban yang berarti tugas yang harus dijalankan manusia untuk mengakui kekuasaan itu. Setiap orang memiliki hak dasar untuk memeluk agama, yang berarti kebebasan dan kewenangan dia untuk menganut suatu agama, sedangkan orang lain memiliki kewajiban untuk mengakui kewenangan orang tersebut. Hubungan ini akan terjadi bilamana ada pengakuan yang sama antar manusia itu sendiri.

Istilah hak asasi manusia bermula dari barat yang dikenal dengan right of man untuk menggantikan natural right. Karena istilah right of man tidak mencakup right of women maka oleh Eleanor Roosevelt diganti dengan istilah human right yang lebih universal dan netral(Gazalli,2004).

  1. Macam Hak Asasi Manusia

Berdasarkan undang-undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia, dinyatakan bahwa hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan YME dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara hukum pemerintahan dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Berdasarkan pengertian hak asasi manusia, ciri pokok dari hakikat hak asasi manusia adalah (Tim ICCE UIN,2003).

  1. Hak asasi manusia tidak perlu diberikan, dibeli ataupun diwarisi. Hak asasi manusia adalah bagian dari manusia secara otomatis.
  2. Hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin.asal usul,ras, agama, etnik, dan pandangan politik.
  3. Hak asasi manusia tidak boleh dilanggar. Tidak seorang pun yang mempunyai hak untuk membatasi atau melanggar hak orang lain. Orang tetap memiliki hak asasi manusia meskipun sebuah negara membuat hukum yang tidak melindungi bahkan melanggar hak asasi manusia.

Hak asasi manusia merupakan hak dasar dari manusia. Apa saja yang termasuk hak dasar manusia itu senantiasa berubah ukuran zaman dan perumusannya. Beberapa contok hak dasar tersebut sebagai berikut:

  1.             Hak asasi manusia menurut Piagam PBB tentang Deklarasi Universal of human rights 1948, meliputi :
  2. Hak berpikir dan mengeluarkan pendapat,
  3. Hak memiliki sesuatu,
  4. Hak mendapatkan pendidikan dan pengajaran,
  5. Hak menganut aliran kepercayaan atau agama,
  6. Hak untuk hidup,
  7. Hak untuk kemerdekaan hidup,
  8. Hak untuk memperoleh nama baik,
  9. Hak untuk memperoleh pekerjaan, danSumber :https://butikjersey.co.id/facebook-luncurkan-aplikasi-workplace-chat/
  10. Hak untuk mendapatkan perlindungan hukum.

Flexmedia

Kembali ke atas