Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

KONSEP KERTAS KERJA

KONSEP KERTAS KERJA

KONSEP KERTAS KERJA
KONSEP KERTAS KERJA

Dasar Pedoman dan Penyusunan KERTAS KERJA adalah sesuai dengan ketentuan IAI ( Ikatan Akutansi Indonesia) dalam SA Seksi 339 yang meliputi :

  1. SA Seksi 339 Paragraf 03 tentang Definisi Kertas Kerja
  2. SA Seksi 339 Paragraf 05 tentang Isi Kertas Kerja
  3. SA Seksi 339 Paragraf 06 tentang Hak Kepemilikan Kertas Kerja
  4. SA Seksi 339 Paragraf 08 tentang Prosedur dan Penyimpanan Kertas Kerja

KONSEP KERTAS KERJA

    • Definisi
    • Isi
    • Tujuan

Penjelasannya :

Definisi Kertas Kerja (SA Seksi 339 Paragraf 03 ) adalah :

  • Catatan – catatan yang diselenggarakan oleh Auditor mengenai prosedur audit yang ditempuh, pengujian yang dilakukan, informasi yang diperoleh, dan kesimpulan yang dibuat.
  • Sarana yang digunakan oleh Auditor untuk membuktikan standar pekerjaannya.

Isi Kertas Kerja (SA Seksi 339 Paragraf 05 )adalah :

  • Kertas kerja yang memperlihatkan kecocokan antara “Catatan Akuntansi”, “Laporan Keuangan” , Informasi Lain dan Standar Auditing yang diterapkan dan dilaksanakan oleh Auditor dengan isian dokumentasi meliputi :
  1. Standar Pekerjaan I (Pertama) yaitu Perencanaan pemeriksaan dan Supervisi
  2. Standar Pekerjaan II (Kedua) yaitu Pengendalian Intern untuk merencanakan audit, menentukan sifat, saat dan lingkup pengujian
  3. Standar Pekerjaan III (Ketiga) yaitu Bukti Audit, Prosedur Audit dan Pengujian untuk sebagai dasar memadai menyatakan pendapat atas laporan keuangan auditan.

Tujuan Pembuatan Kertas Kerja

  • Ada 4 tujuan yaitu :
  1. Mendukung pendapat audior atas laporan keuangan auditan
  2. Menguatkan simpulan – simpulan auditor dan kompetensi auditnya
  3. Mengkoordinasikan dan mengorganisasi semua tahap audit
  4. Memberikan pedoman dalam audit berikutnya.

Sumber : https://tribunbatam.co.id/goetia-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas