Legenda Naga dalam Sejarah China

Legenda Naga dalam Sejarah China

Legenda Naga dalam Sejarah China

Legenda Naga dalam Sejarah China
Legenda Naga dalam Sejarah China
Cerita tentang naga biasaya hanya didapatkan dari tontonan di televisi. Makhluk yang dapat mengeluarkan api dari mulutnya ini memang sangat terkenal dalam kisah sejarah makhluk mitologi. Masing-masing negara memang memiliki cerita legenda masing-masing tentang mahkluk yang bisa terbang ini. Namun legenda yang paling terkenal berasal dari China. Yuk Sobat baca terus Leganda Naga dalam sejarah China berikut ini.

Di negara China, Naga menjadi lambang kekuatan dan keperkasaan

Lihat saja kaisar-kaisar pemimpin China, pasti selalu menggunakan lambang Naga sebagai simbol mereka. Beberapa lambang Naga bahkan hanya boleh digunakan oleh Kaisar. Misalnya saja Naga yang memiliki lima cakar. Jika lambang Naga yang memiliki lima cakar ini digunakan oleh selain kaisar, maka akan langsung mendapat hukuman mati.
Selain sebagai simbol keperkasaan, naga yang dianggap jahat bagi bangsa Eropa ternyata menjadi makhluk yang mendapat penghormatan tinggi di negeri Tirai Bambu ini. Bersama tiga makhluk lainnya yakni yakni Phoenix, Qilin (Kirin) dan Kura-kura, Naga menjadi satu-satunya makhluk spiritual yang paling perkasa.

Dalam sejarah China, Naga ternyata diidentikkan dengan angka 9

Mengapa demikian? Ternyata dalam mitologi China, naga memiliki sembilan karakeristik hasil kombinasi dari makhluk-makhluk lainnya. Sembilan karateristik tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Kepala Naga diambarkan seperti unta
  2. Naga memiliki sisik yang menyerupai sisik ikan, dan terdiri dari  117 sisik. 81 diantaranya memiliki karakter Yang (Positif) dan 36 lainnya memiliki karakter Yin (Negatif).
  3. Naga memiliki tanduk seperti rusa
  4. Matanya seperti siluman
  5. Telinganya seperti lembu
  6. Lehernya seperti ular
  7. Perutnya seperti tiram
  8. Telapak kaki Naga seperti harimau
  9. Naga memiliki cakar seperti rajawali. Pada umumnya, naga Cina memiliki tiga atau empat cakar di masing-masing kaki.
Ternyata jenis naga pun beragam. Dalam literatur China, naga digolongkan menjadi empat jenis naga yang memiliki tugas dan  fungsinya sendiri-sendiri antara ain sebagai berikut:
  1. Tien Lung atau Naga Langit yang bertugas menjaga istana para dewa.
  2. Shen Lung atau Naga Spiritual yang berkuasa atas angin dan hujan
  3. Ti Lung atau Naga Bumi yang berkuasa atas air di permukaan bumi
  4. Fucang Lung atau Naga dunia bawah bumi yang bertugas menjaga harta karun yang ada di dalamnya.
Dari empat jenis tersebut, jumahnya bisa mencapai 100 lebih. Beberapa diataranya merupakan naga yang berbau spiritual, namun ada juga yang dianggap tidak spiritual.

Penampakan Naga di dalam sejarah Cina

Sebegitu demikian kuat cerita legenda tentang Naga. Lalu apakah Naga pernah muncul dan di lihat oleh warga. Ternyata berdasarkan catatan dan dokumentasi cendekiawan China, penampakkan naga di berbagai tempat di Cina sudah tercatat dengan rapi.
Namun, peristiwa yang dituangkan ke dalamnya mungkin telah diinterpretasikan berdasarkan pemahaman dan kebudayaan bangsa Cina masa lampau sehingga sebagian kisah itu terdengar cukup mistis. Namun, kisah lainnya memiliki kemiripan dengan kasus perjumpaan dengan makhluk Cryptid.
Seperti yang tercatat dalam buku buku Recording for the Jiaxing Regional Government, History of the Yuan Dinasty, Amanded Recording of the Tang Dinasty, Seven Books and Scriptures adn masih banyak buku lainnya yang menceritaka tentang penampakan Naga di China. Di samping itu, ada kesaksian-kesaksian lainnya yang sama sekali tidak menyebutkan adanya dewa atau naga yang terbang. Kesaksian-kesaksian ini terdengar sangat mirip dengan kisah-kisah penampakan makhluk cryptid pada umumnya.
Nah Sobat, demikian Legenda Naga dalam Sejarah China. Kebenaran tentang penampakan dan berbagai cerita legenda lainnya, tentu menjadi bahan pembelajaran baru tentang makhluk besisik yang bisa terbang serta mampu mengeluarkan api ini.
Baca juga artikel: