Manfaat Biji Buah Pepaya

Manfaat Biji Buah Pepaya

Manfaat Biji Buah Pepaya
Manfaat Biji Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya dagingnya, Baik ketika muda maupun telah masak. daging buah muda di masak sebagai sayuran, Dan daging buah yang masak di makan segar atau sebagai campuran koktail buah. Daun pepaya juga dimanfaatkan sebagai sayuran dan pelunak daging, Dan pepaya muda dimakan sebagai lalap (Setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil, Oleh orang manado. Bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang dapat di makan. Getah pepaya juga dapat di temukan di batang, daun, dan buah, Yang mengandung enzim papain, Semacam protease, Yang bisa melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainya. Papain telah di produksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

Untuk memproduksi papain, Bahan baku yang perlu di persiapkan adalah getah pepaya, Sementara bahan penolongnya berupa air dan sulfit. Air digunakan sebagai pengencer getah pepaya tersebut. Sedangkan sulfit digunakan sebagai pelarut bahan kimia.

Pengambilan getah buah pepaya dilakukan pada buah yang telah berumur (2.5-3 bulan), Buah yang sedang dalam masa penyadapan haruslah tetap tergantung pada batang pokoknya. Penyadap dilakukan sampai 7 kali dengan interval penyadapan empat hari, maka waktu yang diperlukan untuk penyadapan adalah sekitar (28 hari). Waktu yang tetap untuk menyadap adalah diwaktu pagi hari sebelum matahari terbit, Atau pada sore hari sebelum matahari terbenam.

Jangan menyepelekan manfaat biji dari buah pepaya tersebut, Selain bisa di jadikan bibit untuk di tanam kembali juga bisa dijadikan obat yang sangat berkhasiat seperti berikut di bawah ini.

Biji Pepaya Sebagai Antibakteri

Penelitian telah melakukan dan menemukan bahwa biji pepaya ternyata efektif membasmi E. coli, Salmonella, dan infeksi Staph.

Melindungi Ginjal

Penelitian telah menyatakan bahwa dari ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari racun-diinduksi gagal ginjal.

Menghilangkan Parasit Di Usus

Banyak bukti bahwa biji pepaya membasmi parasit usus. Dalam sebuah penelitian yang di lakukan pada Anak-anak di Negeria dengan prasit usus, 76,7% dari Anak-anak bebas parasit setelah 7 hari pengobatan dengan biji pepaya dibandingkan dengan hanya 16,7% dari Anak-anak yang menerima plasebo.

Menetralisir Racun Dalam Hati

Dalam pengobatan di negri cina, Di yakini kalau sesendok teh biji pepaya dapat membantu detoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter secara alami dalam pengobatan pada sirosis hati.

Mengobati Cacingan

Penyakit yang memalukan ini, juga sangat baik di basmi dengan biji pepaya, Bahkan sangat ampuh. Peringatan : Bagi ibu yang sedang hamil jangan Sekali-kali mengkomsumsi biji pepaya sebagai obat, Karena akan meningkatkan resiko (Keguguran).

 

Sumber: https://www.bertani.co.id