Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

PRODUCT
Secara luas produk didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan atau keinginan.

Dua jenis produk :
Tangible (berwujud) : mobil, minuman ringan,  pesawat televisi dll
Intangible (tak berwujud) : pendidikan, telekomunikasi, service hotel,  dll

PRODUCT LIFE CYCLE (PLC)
1. Masa Perkenalan (introduction)
Periode pertumbuhan penjualan  lambat karena produk baru saja diperkenalkan di masyarakat.
Biaya yang sangat tinggi dapat membuat produk tidak menghasilkan laba sama sekali.
Kegiatan periklanan ditekankan untuk menciptakan brand awaraness dengan frekuensi yang lebih tinggi.
Dibutuhkan stimuli agar calon konsumen mencoba produk yang ditawarkan.

2. Masa Pertumbuhan (growth)
Pasar dengan cepat menerima produk baru sehingga penjualan mulai melonjak dan menghasilkan laba yang besar.
Persaingan akan semakin ketat mengingat produk kompetitor akan meningkatkan frekuensi periklanan.
Pada tahap ini kegiatan periklanan dimaksudkan untuk  memperkuat positioning dan brand identification.

3. Masa Kedewasaan (maturity)
Periode di mana pertumbuhan penjualan mulai menurun karena produk sudah bisa diterima oleh sebagian besar pembeli potensial.
Jumlah keuntungan mantap dan stabil.
Jika telah melewati titik peak maka akan ada penurunan yang disebabkan oleh meningkatnya biaya pemasaran untuk melawan persaingan yang ketat.
Kegiatan periklanan diperlukan untuk memperkuat loyalitas konsumen yang mulai berkurang.

4. Masa Penurunan (decline)
Dalam periode ini penjualan  menurun dengan tajam diikuti dengan menyusutnya laba.
Produk yang tersedia sulit untuk dipasarkan.
Pada tahap ini strategi periklanan perlu dirombak untuk meningkatkan kembali penjualan, atau bisa juga dikurangi untuk selanjutnya dihentikan sama sekali.

PRICE
Price atau harga merupakan variable pada marketing mix yang mengacu pada apa yang harus diberikan konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa yang biasanya menggunakan nilai uang.

Tiga faktor penentu tinggi rendahnya harga dan saling berkaitan adalah :
1.Kualitas produk
2.Tingkat persaingan
3.Kegiatan promosi yang dilakukan

PLACE

Rumusan dalam menentukan distribusi mencakup banyak hal mulai dari memilih, mengelola, memberikan motivasi kepada distributor, pedagang besar, hingga pengecer yang membantu perusahaan menyediakan barang atau jasa kepada konsumen.

Biasanya pihak perantara ini disebut sebagai pihak yang menjual kembali (reseller), serta memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan program pemasaran suatu perusahaan.

Dalam menentukan strategi distribusi hendaknya mempertimbangkan tujuan komunikasi serta efek dari pemilihan saluran terhadap program komunikasi pemasaran.

PROMOTION
Promotion Mix (Bauran Promosi) meliputi :
1.Advertising : periklanan
2.Sales Promotion : promosi penjualan
3.Persolan Selling : penjualan  personal
4.Publicity : publisitas

Sumber : https://abovethefraymag.com/

Flexmedia

Kembali ke atas