Media Tulis Sebagai Sumber Pewarisan Sejarah

Media Tulis Sebagai Sumber Pewarisan Sejarah

Media Tulis Sebagai Sumber Pewarisan Sejarah

Media Tulis Sebagai Sumber Pewarisan Sejarah
Media Tulis Sebagai Sumber Pewarisan Sejarah
Selain mengunakan batu masyarakat indonesia pada masa praaksara juga mengunakan media lainya  sumber penulisan sejarah seperti,;

a. Daun Lontor

Lontar adalah daun palem tal atau borassus flabelifer yang telah diolah dan dikeringkan serta telah digunakan selama berabad-abad di Jawa,Lombok,Bali bahakan hingga kini tradisi lontar masi berlangsung dalam masyarakat Bali.
Tulisan  lontar ditorehkan di kedua sisi dengan mengunakan pisau tajam kemudian hurufnya dihitamkan dengan mengunakan jelaga.Naskah lontar yang terkenal berisi kakawin bharatayudha,Kakawin ini di tulis oleh Mpu Sedah dan Mpu Pandawa dan Kurawa pada tahun 1157.Dalam lontar ini tertulis syair tentang perang 18 hari antara pandawa dan kurawa yang berakhir dengan kehancuran kurawa.

b. Kulit kayu atau Kulit pohon

Tradisi menulis dengan mengunakan media kulit pohon ini banyak dijumpai di daerah batak,kulit pohon ini banyak dipakai oleh pramal batak untuk menuliskan mantra-mantra tentang sihir atau ramalan dan pengobatan dan disusun dalam satu rangkaian naska buku lipat yang disebut dengan pustaha.Beberapa putaha berisikan diagram-diagram magis yang ditulis dengan tinta merah dan hitam.

c. Dluwang / Jeluang

Dluwang merupakan sejenis material halus yang menyerupai kayu pohon mulberry (broussonetia papyrifera).Dluwang banyak digunakan di Jawa untuk menulis naskah-naskah berbahasa arab dan jawa seperti pawukon atau primbon.

d. Daun Niftah / daun nipah

Daun Niftah (nifa frutican)lebih tipis dari daun lontar.Daun niftah digunakan juga sebagai bahan untuk menulis.Dalam daun nifa digunakan tinta  atau kuas untuk menulis.

e. Bambu

Pengunaan bambu sebagai alat tulis banyak ditemukan di  Batak,Lampung,dan Rejang.Bbambu dibelah menjadi lembaran-lembaran lalu dikeringkan dan dirangkaikan seperti daun palem  atau dibiarkan dalam bentuk tabung dan teks atau tulisannya ditoreh dengan pisau tajam. (http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-laporan-hasil-observasi/)

f. Logam Mulia

Logam dari emas dan perak digunakan sebagai bahan untuk menulis terutama untuk lambang-lambang kebesaran kerajaan.Salah satu contohnaya adalah penemuan kipas yang terbuat dari emas masa kebesaran kerajaan johor,Riau.Dalam kipas terebut memuat tulisan yang memberikan informasi tentang prasati melayu yang mengatakan asal usul sultan dari bukit Singuntang serta keturunanya dari Iskandar Agung.