Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Menyelamatkan Kura-Kura Galapagos

Menyelamatkan Kura-Kura Galapagos

Menyelamatkan Kura-Kura Galapagos

PEMOPULASIAN ulang spesies hewan yang terancam punah kerap kali dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan tersebut.

Akhir-akhir ini, campur tangan manusia, baik secara personal maupun melalui

badan pelestarian hewan yang terancam punah, sedang gencar dilakukan. Namun, perlu diingat, hewan yang telah dilabeli sebagai hewan terancam punah merupakan aktor utama dalam praktik pelestarian itu. Seekor kura-kura raksasa galapagos (Chelonoidis hoodensis) bernama Diego berhasil menyelamatkan spesiesnya dari kepunahan.

Kura-kura yang berusia 100 tahun itu diketahui telah menjadi ayah dari 800 keturunan spesiesnya. Mereka selama bertahun-tahun hidup di Pulau Espanola, Kepulauan Galapagos, di sekitar lepas pantai Amerika Selatan. Diego beserta keturunannya hanya dapat ditemukan di alam liar di Pulau Espanola.

Spesialis pelestarian kura-kura di Taman Nasional Galapagos, Washington

Tapia, mengatakan Diego merupakan reproducer jantan yang aktif dan memberikan kontribusi besar terhadap pemopulasian ulang spesiesnya di pulau tersebut. Hasil penelitian genetik yang dilakukan beberapa peneliti kura-kura menemukan fakta Diego merupakan ayah dari sekitar 40% spesies keturunannya. Para peneliti mengatakan petualangan cintanya dapat dikatakan legenda.

Diego merupakan pejantan utama dan tertua dari para betina di pulau tempat

dia tinggal selama lebih dari 50 tahun hingga sekarang. Sekitar 50 tahun yang lalu, hanya terdapat 2 pejantan dan 12 betina dari spesiesnya yang hidup di Espanola. Di pulau tersebut, mereka melakukan praktik reproduksi besar secara massal.

 

sumber :

https://uberant.com/article/728918-tower-of-darkness-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas