Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Oviduct

Table of Contents

Oviduct

            Menurut Frandson (1992), tuba uterina (tuba falopii atau oviduct) adalah saluran yang berpasangan dan berkonvolusi, yang menghantarkan telur dari ovarium menuju ke tanduk uterus dan juga sebagai tempat terjadinya fertilisasi ovum oleh spermatozoa. Bagian dari oviduct yang berdekatan dengan dengan ovarium akan berkembang seperti corong yang disebut infundibulum. Bagian ujung infundibulum membentuk suatu fimbriae.

2.2.3 Uterus

Uterus pada umumnya terdiri atas badan uterus (corpus uteri), tanduk uterus (cornu uteri) yang pada umumnya berbentuk lancip, dan cerviks atau leher uterus. Bentuk uterus pada setiap jenis hewan bervariasi. Uterus mempunyai fungsi yang sangat penting dalam proses reproduksi yaitu sejak estrus sampai bunting dan melahirkan (Nugroho, 2008). Menurut Blakely dan Bade dan Bade (1991), uterus terdiri dari struktur yang menyerupai dua tanduk yang melengkung seperti tanduk domba, dengan satu badan yang sama. Menurut Frandson (1992), uterus ternak yang tergolong mamalia terdiri dari corpus (badan), cervix (leher) dan cornue (tanduk).

2.2.4 Cervix

Menurut Blakely dan Bade dan Bade (1991), cervix  merupakan organ yang menyerupai sfingter (sphincter) yang memisahkan rongga uterus dengan rongga vagina. Fungsi pokok cervix adalah untuk menutup uterus guna melindungi masuknya bahan-bahan asing.Sfingter tetap dalam keadaan tertutup kecuali pada saat kelahiran saja.Menurut Nugroho (2008), cerviks merupakan spincter otot polos yang kuat dan tertutup rapat, kecuali pada saat estrus atau pada saat menjelang kelahiran. Cervix terletak di antara uterus dan vagina, merupakan pintu masuk kedalam uterus karena dapat terbuka atau tertutup yang sesuai dengan siklus birahi.

sumber :

https://apkmod.co.id/gb-whatsapp-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas