Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Peluang dan Tantangan bagi Dunia bisnis

Peluang dan Tantangan bagi Dunia bisnis

           Terbukanya pasar dunia akibat globalisasi ekonomi membuka peluang bisnis antara lain :

  1. Tersebarnya pasar yang lebih luas skalanya dan terdiversifikasinya barang manufaktur dan produk yang mempunyai nilai tambah tinggi ( value added products).
  2. Terjadi relokasi industri menufaktur dari negara industri maju ke negara-negara sedang berkembang dengan upah buruh yang lebih murah. Sebagai konsekuensi logis dari relokasi industri tersebut,siklus proses bahan baku menjadi produk akhir menjadi lebih pendek. Hal ini akan menurunkan harga per unit serta meningkatkan volume perdagangan.
  3. Tersedianya sumber pendanan yang dapat diperoleh dengan biaya yang lebih murah (bunga) karena makin beragamnya portofolio pendanaan terutama bagi negara yang sedang tumbuh perekonomiannya.

Selain memberikan peluang yang terbuka lebar bagi dunia bisnis,globalisasi ekonomi juga memberikan dampak negatif bagi dunia bisnis,antara lain :

  1. Terjadinya tranfer pricing untuk memarkir dana maupun keuntungan di negara yang menganut tax shelter (memberikan perlindungan terhadap persembunyian kewajiban membayar pajak).
  2. Relokasi industri karena footlose industry membawa pula teknologi kadaluarsa ke negara sedang berkembang (host country),hal ini terjadi di negara asalnya (home country) teknologi yang dipakai industri tersebut ketinggalan jaman.
  3. Masuknya FDI ( Foreign direct investment) dengan tekonlogi canggih,seringkali tidak di imbangi dengan tersedianya sumberdaya manusia yang siap mengoperasikannya sehingga membuat ketergantungan pada negara asla investasi tersebut.
  4. Masuknya FDI juga seringkali menimbulkan trade off politic yang merugikan masyarakat dan pelaku bisnis di dalam negri.

 

  1. Peran Negara Bangsa dalam Era Globalisasi

         Robert giplin,salah satu tokoh realis menyatakan,peran negara bangsa (nation state) dalam era globalisasi sekarang ini masih sangat diperlukan (signifikan). Giplin pada awalnya menggugat beberapa keyaninan yang dianut pendukung globalisasi dan pasar bebas. Menurut gilpin banyak peneliti mempunyai keyakinan bahwa tengah terjadi pergeseran besar dari ekonomi state dominated ke arah ekonomi market dominated. Hancurnya Uni soviet,kegagalan strategi subtitusi impor negara dunia ketiga,dan suksesnya AS pada era 1990an telah mendorong penerimaan unrestricted market sebagai solusi bagi penyakit ekonomi modern. Karena peran negara menjadi berkurang sebagai gantinya pasar akan menjadi mekanisme penting baik untuk perekonomian domestik maupun perekonomian internasional. Menurutnya peran negara bangsa diyakini akan menjadi pembuka kearah ekonomi global yang sesungguhnya,yang dicirikan oleh tiadanya hambatan dalam perdagangan,aliran uang dakam skala global dan kegiatan internasional perusahaan multinasional.

baca juga

Flexmedia

Kembali ke atas