Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Pengertian Penderitaan

Pengertian Penderitaan

Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita

derita berasal dari kata bahasa sansekerta, “dhra” yang berarti menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menenangkan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia derita artinya menanggung (merasakan) sesuatu yang tidak baik menyenangkan. Dengan demikian merupakan lawan kata dari kesenangan ataupun kegembiraan.

Penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia, artinya sudah menjadi konsekwensi manusia hidup, bahwa manusi hidup ditakdirkan bukan hanya untuk bahagi , melainkan juga menderita. Karena itu manusia tidak boleh pesimis yang menganggap hidup sebagai rangkain penderitaan. Manusia harus optimis, ia harus berusaha mengatasi kesulitan hidupnya. Allah berfirman dalam surah Arra’du ayat 11, bahwa tuhan tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang itu sendiri yang berusaha mengubahnya.

Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir maupun batin. Penderitaan lahir seperti halnya fisik dan penderitaan batin seperti halnya jiwa. Yang termasuk penderitaan ialah keluh kesah, kesengsaraan, kelaparan, kekenyangan, kepanasan, dan lain-lain.  Penderitaan dapat pula timbul akibat noda dosa pada hati manusia (Al- Gazali, abad ke-11 ). Menurut Al-Ghazali dalam kitabnya, ihyaa’ Ulumuddin, orang yang suka iri hati,hasad dan dengki akan menderita hukuman lahir-batin dan selalu akan merasa tidak puas dan tidak kenal berterima kasih padahal dunia tidak berkekurangan untuk orang-orang disegala zaman. Allah telah memberi ilmu dan kekayaan atau kekuasaan-Nya.

Oleh karena itu, penderitaan-penderitaan lahir ataupun batin akan selalu menimpa orang-orang yang memiliki sifat iri hati, hasad, dengki selama hidupnya sampai akhir kelak. Baik dalam Al-quran maupun dalam kitab suci agama lain banyak surat dan ayat yang menguraikan tentang penderitaan yang dialami manusia itu berisi peringatan bagi manusia akan adanya penderitaan. Tetapi pada umumnya manusia itu kurang memperhatikan peringatan tersebut. Hal itu misalnya dalam surat Al-balad ayat 4 dinyatakan “Manusia ialah makhluk yang hidupnya penuh perjuangan”, ayat tersebut diartikan, bahwa manusia harus bekerja keras untuk dapat melangsungkan hidupnya.

Untuk kelangsungan hidup ini manusia harus menghadapi alam (menaklukkan alam dengan cara menghadapi masyarakat sekelilingnya, dan tidak boleh lupa takwa kepada Tuhan. Apabila manusia melalaikan salah satunya, atau kurang sungguh-sungguh menghadapinya, maka akibatnya manusia akan menderita.


Sumber: https://rajasatour.id/altered-beast-classic-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas