Pengertian Bank, Manfaatnya, Sejarahnya

Pengertian Bank, Manfaatnya, Sejarahnya

Pengertian Bank, Manfaatnya, Sejarahnya
Pengertian Bank, Manfaatnya, Sejarahnya

Pengertian Bank

Bank ialah sebuah forum intermediasi keuangan. Umumnya didirikan dengan kewenangan untuk mendapatkan simpanan uang, meminjam uang, dan menerbitkan promes atau dikenal sebagai Banknote. Kata Bank berasal dari bahasa Italia yakni banca berarti kawasan penukaran uang. Sedangkan berdasarkan Undang-undang Negara RI No 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang perbankan, bahwa yang dimaksud dengan Bank ialah Badan perjuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan tarap hidup rakyat banyak.

Manfaat Perbankan

Berikut beberapa manfaat perbankan dalam kehidupan.
Sebagai model investasi, yang berarti transaksi derivatif sanggup dijadikan sebagai salah satu model diberinvestasi. Walaupun pada umumnya ialah jenis investasi jangka pendek (yield enhacement).
Sebagai cara lindung nilai, yang berarti transaksi derivatif sanggup berfungsi sabagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk mguagement.
Informasi harga, yang berarti transaksi derivatif sanggup berfungsi sebagai masukana mencari atau mempersembahkan isu tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).
Fungsi spekulatif, yang berarti, transaksi drivatif sanggup mempersembahkan peluang spekulasi (untung-untung) terhadap perubahan nilai pasar dari transaksi derivatif itu sendiri.
Fungsi mguajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien , yang berarti, transaksi derivatif yang sanggup mempersembahkan citra kepada mguajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu seruan dan kebutuhan pasar dimasa menhadir.

Sejarah Bank

Asal Mula Perbankan
Bank pertama kali didirikan dalam bentuk menyerupai sebuah firma pada umumnya pada tahun 1960, pada ketika kerajaan Inggris berkemauan merencanakan membangun kembali kekuatan armada lautnya untuk bersaing dengan kekuatan armada bahari Prancis akan tetapi pemerintah Inggris ketika itu tidak mempunyai kemampuan pendanaan kemudian berdasarkan gagasan William Paterson yang kemudian oleh Charles Montegu direalisasikan dengan membentuk sebuah forum intermediasi keuangan yang hasilnya sanggup memenuhi dana pembiayaan tersebut spesialuntuk dalam waktu duabelas hari.
Sejarah mencatat asal mula dikenalnya acara perbankan ialah zaman kerajaan tempo dulu di daratan Eropa.Kemudian perjuangan perbankan ini berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang. Perkembangan perbankan di Asia, Afrika, dan Amerika dibawah oleh bangsa Eropa pada ketika melaksanakan penjajahan ke negera jajahannya baik di Asia, Afrika, maupun benua Amerika. Bila ditelusuri, sejarah dikenalnya perbankan dimulai dari jasa penukaran uang. Sehingga dalam sejarah perbankan, arti bank dikenal sebagai meja kawasan penukaran uang. Dalam perjalanan sejarah kerajaan di masa lampau peukaran uangnya dilakukan antar kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lain. Kegiatan penukaran ini kini dikenal dengan nama Pedagang Valuta Asing (Money Changer).
Kemudian dalam perkembangan selanjutnya, acara operasional perbankan berkembang lagi menjadi kawasan penitipan uang atau yang disebut kini ini acara simpguan. Berikutnya acara perbankan bertambah dengan acara peminjaman uang. Uang yang disimpan oleh masyarakat, oleh perbankan dipinjamkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkannya. Jasa-jasa bank lainnya menyusul sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhannya masyarakat yang semakin beragam.

Baca Juga: