Pengertian Ekonomi Terlengkap

Pengertian Ekonomi Terlengkap

Pengertian Ekonomi Terlengkap

Pengertian Ekonomi Terlengkap
Pengertian Ekonomi Terlengkap

 

Yusuf Qardhawi

Menurut Yusuf Qardhawi, Ekonomi Syariah yaitu ekonomi yang berdasarkan pada ketuhanan. Esensi sistem ekonomi ini bertitik tolak dari Allah, tujuan alhasil kepada Allah, dan memanfaatkan sarana yang tidak lepas dari syari’at Allah.

Umer Chapra

Menurut Umer Chapra, Ekonomi ISlam yaitu suatu cabang ilmu pengetahuan yang membantu insan dalam mewujudkan kesejahteraannya melalui alokasi dan distribusi banyak sekali sumber daya langka sesuai dengan tujuan yang ditetapkan berdasarkan syariah (al-‘iqtisad al–syariah) tanpa mengekang kebebasan individu secara berlebihan, membuat ketidakseimbangan makroekonomi dan ekologi, atau melemahkan solidaritas keluarga dan sosial serta ikatan etika yang terjalin di masyarakat.

Muh. Nejatullah ash-Shiddiqi

Menurut Muh. Nejatullah ash-Shiddiqi, Ekonomi Islam yaitu jawaban atau respon para pemikir muslim terhadap banyak sekali tantangan ekonomi pada masa tertentu. Dalam hal ini mereka dituntun oleh Al-Qur’an dan sunnah serta nalar (pengalaman dan ijtihad).

M.M. Metwally

Menurut M.M. Metwally, Ekonomi Islam yaitu ilmu yang mempelajari sikap muslim (yang beriman) dalam suatu masyarakat Islam yang mengikuti al Qur’an, Hadis, Ijma dan Qiyas.

Ziauddin Ahmad

Menurut Ziauddin Ahmad, Ekonomi Islam yaitu upaya pengalokasian sumber-sumber daya untuk memproduksi barang dan jasa sesuai petunjuk Allah SWT untuk memperoleh ridha-Nya.

M. Syauqi Al-Faujani

Menurut M. Syauqi Al-Faujani, Ekonomi Syariah yaitu segala acara perekonomian beserta aturan-aturannya yang didasarkan kepada pokok-pokok aliran Islam wacana ekonomi.

S.M. Hasanuzzaman

Menurut S.M. Hasanuzzaman, Ilmu Ekonomi Islam yaitu pengetahuan dan aplikasi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam pencarian dan pengeluaran sumber-sumber daya, guna menawarkan kepuasan bagi insan dan memungkinkan mereka melaksanakan kewajiban mereka terhadap Allah dan masyarakat.

Dr. Mardani

Menurut Dr. Mardani, Ekonomi Syariah yaitu perjuangan atau kegiatan yang dilakukan oleh pasar per orang atau kelompok orang atau tubuh perjuangan yang berbadan aturan atau tidak berbadan aturan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang bersifat komersial dan tidak komersial berdasarkan prinsip syariah.

Muh. Abdul Mannan

Menurut Muh. Abdul Mannan, Ilmu Ekonomi Islam yaitu suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari permasalahan ekonomi dari orang-orang mempunyai nilai Islam.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-integritas-fungsi-tujuan-manfaat-ciri-ciri-pribadi.html