Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian ekonomi menurut kamus adalah ilmu mengenai asas – asas produksi, distribusi dan pemakaian barang- barang serta kekayaan seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan. Kangmoes masih ingat, menurut asal bahasanya, sebagian sumber menyebutkan bahwa asal kata ekonomi adalah dari bahasa yunani ‘oikos’ dan ‘nomos’. Kata tersebut secara terpisah berarti rumah tangga (oikos) dan ilmu (nomos).

Dalam pembahasan di dunia pendidikan, ekonomi dimasukkan kedalam jajaran ilmu sosial. Menurut sebagian lieteratur, hal ini karena ekonomi melibatkan permasalahan manusia dan sekitarnya yang menyangkut masalah sosial (lihat pengertian sosial). Meskipun pada kenyataannya ekonomi tidak terlepas dari hitungan-hitungan exact.

Di dalam kajian ilmu ekonomi kangmoes dan anda juga mungkin akan bertemu dengan istilah-istilah ekonomi sebagai berikut;

  • Prinsip ekonomi, yang biasa digambarkan dengan kata-kata: dengan modal yang minimal untuk menghasilkan keuntungan yang optimal.
  • Hukum ekonomi, yang menurut salah satu sumber berarti suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi dalam kehidupan ekonomi sehari-hari.
  • Azas Ekonomi, adalah dasar-dasar yang digunakan dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan sektor ekonomi.
  • Sistem Ekonomi, adalah pola atau sistem yang dianut oleh suatu negara dalam menentukan kebijakan ekonominya.

Hal-hal di atas bisa saja kita temui ketika menghadapi pembahasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro adalah bidang ilmu ekonomi yang mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan, rumah tangga. Sedangkan ekonomi makro adalah bidang ilmu ekonomi yang berkenaan dengan ruang lingkup yang lebih besar. Contoh yang bisa kangmoes berikan dalam hal ekonomi makro misalnya ekonomi pembangunan.

Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Sebagai gambarannya, perubahan dalam sistem ekonomi makro bisa berpengaruh terhadap pola ekonomi mikro. Demikian pembahasan mengenai pengertian ekonomi, meskipun singkat saya harap informasi diatas berguna bagi anda. Jika anda mengetahui ada hal yang keliru dalam artikel pengertian ekonomi ini maupun artikel lain, saya harap anda berkenan untuk membenarkannya.

  1. Prinsip Ekonomi

  1. Tradeoff:There’s no such thing as free lunch (Tak ada yang gratis di dunia ini), untuk mendapat sesuatu biasanya harus mengorbankan sesuatu yang lain. Keputusan dihadapkan pada pertukaran (tradeoff)
  2. Biaya:Karena semua orang dihadapkan pada tradeoff, maka untuk mengambil keputusan harus membandingkan biaya dan manfaat.
  3. Rasional:Orang rasional berpikir pada batas-batas.
  4. Tanggap terhadap Intensif:Manusia mengambil keputusan dg cara membandingkan biaya dan keuntungan. Kebiasaan ini akan berubah jika ada perubahan pada keuntungan atau biaya (berarti tanggap terhadp insentif)
  5. Perdagangan menguntungkan semua pihak:Tidak mungkin semua kebutuhan manusia akan bisa disediakan sendiri. Dengan perdagangan akan menciptakan spesialisasi shg dpt menekan biaya produksi (harga murah).
  6. Pasar merupakan tempat yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomiI:Perekonomian pasar adalah suatu jenis perekonomian yang mengalokasikan sumberdayanya melalui keputusan terdesentralisasi dari berbagai perusahaan dan rumah tangga seiring dg interaksi mereka di pasar barang dan jasa.
  7. Pemerintah terkadang mampu meningkatkan hasil pasar:Kegagalan Pasar(market failure) adalah situasi di mana suatu pasar gagal mengalokasikan sumber dayanya secara efisien dengan kekuatan sendiri. Salah satu penyebab kegagalan pasar adalah eksternalitas.

Eksternalitas adalah dampak dari tindakan seseorang terhadap kesejahteraan orang lain. Penyebab yang lain adalah Market Power

  1. Standar hidup suatu negara bergantung pada kemampuannya menghasilkan barang dan jasa
  2. Harga-harga meningkat jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak
  3. Masyarakat menghadapi tradeoff jangka pendek antar inflasi dan pengangguran

 

Sumber :

https://callcenters.id/

Flexmedia

Kembali ke atas