Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

 Pengertian Mesin Pengurai Sabut Kelapa

 Pengertian Mesin Pengurai Sabut Kelapa

Mesin Pengurai Sabut Kelapa adalah mesin yang berfungsi menguraikan atau memisahkan serat buah kelapa dari lapisan spons atau serbuk, sehinggakedua produk yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan yang diinginkan.

Prinsip kerja dari mesin Pengurai Sabut Kelapa ini memukul sampaiterpisah bagian serat dan serbuk dari buah kelapa yang telah diumpankan padahopper mesin pengurai sabut kelapa. Sumber penggerak dari mesin ini denganmenggunakan ,mesin diesel D15 dengan daya 190 HP.

Fungsi Mesin Pengurai Sabut Kelapa

Mengurai sabut kelapa menjadi produk primer ( serat panjang) , bristle ( serat halus dan pendek) , dan debu sabut. Mesin dioperasikan dengan penggerak Diesel 16 HP  dengan kapasitas kerja + / – sebesar 100 kg/ jam. Konstruksi mesin terdiri dari profil besi sebagai rangka dengan pemukul baja. Konstruksi dinding terbuat dari plat besi tebal.
C.     Tujuan Proses Pengolahan Sabut Kelapa

Proses penguraian pada pengolahan sabut kelapa bertujuan untuk memisahkan antara sabut kelapa (coco fiber) dengan bagian kulit luar buah kelapa (coco peat), di mana masing-masing jenis bahan tersebut memiliki fungsi dan nilai jual tersendiri.  Hasil olahan berupa sabut dan kulit luar yang sudah terurai, namun produk tersebut masih tercampur menjadi satu.

sumber :
https://www.belajarbahasainggrisku.id/picsart-pro/

Flexmedia

Kembali ke atas