Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Pengertian Metode Pembelajaran Qur’an Hadis

Pengertian Metode Pembelajaran Qur’an Hadis

Metode berasal dari bahasa Inggris “method” yang artinya cara. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia metode ialah “cara yang telah teratur dan terpikir baik baik untuk mencapai suatu maksud (dalam ilmu pengetahuan dan sebagainya)”.

Suryosubroto mengemukakan bahwa “metode adalah cara yang dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan”.

Dari pengertian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode adalah suatu cara yang sistematis dalam menyampaikan pengetahuan dan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dikemukakan bahwa pembelajaran artinya proses atau cara menjadikan orang atau makhluk hidup belajar”. Menurut Dimyati dan Modjiono berpendapat, pembelajaran adalah “kegiatan pendidik secara terprogram dalam desain instruksional untuk membuat peserta didik belajar aktif,yang menekankan pada penyediaan sumber belajar”. Oemar Hamalik mengemukakan bahwa pembelajaran adalah upaya mengorganisasi lingkungan untuk menciptakan kondisi pembelajaran bagi peserta didik. Kegiatan ini meliputi unsur-unsur manusiawi, material fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Unsur manusiawi ini meliputi peserta didik, pendidik, dan tenaga lainnya.

 Dari beberapa pengertian di atas maka yang dimaksud dengan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang melibatkan pendidik, peserta didik dan komponen lainnya dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, pembelajaran adalah suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan pendidik dan peserta didik  atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif dan ditunjang oleh berbagai unsur lainnya untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan.

Dengan demikian, metode pembelajaran Qur’an hadis adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran Qur’an Hadis dari seorang pendidik kepada peserta didik dalam rangka pencapaian tujuan yang diharapkan.

  1. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Qur’an Hadis

Prinsip disebut juga dengan asas atau dasar, asas adalah kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya dalam hubungannya dengan metode mengajar Quran Hadits. Prinsip yang dimaksud adalah dasar pemikiran yang digunakan dalam mengaplikasikan metode mengajar Quran Hadis.

Tujuan yang ingin dicapai dalam metodologi pengajaran Qur’an Hadist khususnya adalah tercapainya efisiensi di dalam proses pembelajaran  Quran Hadis. Efisiensi dimaksudkan suatu prinsip didalam pendidikan dan pengajaran diharapkan hanya terdapat pengorbanan yang sedikit mungkin, tetapi dapat mencapai hasil yang seoptimal mungkin. Pengorbanan yang dimaksud meliputi faktor tenaga, waktu, alat, dan biayanya.

sumber
https://belantaraindonesia.org/seva-mobil-bekas/

Flexmedia

Kembali ke atas