Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Pengertian Sisem Operasi dan Fungsinya

Pengertian Sisem Operasi dan Fungsinya

Pengertian Sisem Operasi dan Fungsinya
Pengertian Sisem Operasi dan Fungsinya

 

Perangkat keras (hardware)

pada komputer tidak akan bekerja tanpa adanya perintah-perintah khusus yang memerintahkannya untuk menjalankan suatu operasi. perintah-perintah tersebut dikelompokkan dalam suatu perangkat lunak. Jadi, perangkat lunak adalah perintah-perintah yang bisa menjalankan perangkat lunak (software). Perangkat lunak (software) tersebut dibuat secara sederhana, sistematis, dan masuk logika oleh orang yang ahli dalam pembuatan perangkat lunak (software). Orang tersebut dinamakan Programmer.

Fungsi Sistem Operasi

Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak (software) digolongkan dalam dua kelompok besar, yaitu perangkat lunak Sistem Operasi atau Operating System dan perangkat lunak aplikasi atau Application Software. Pada postingan ini, kalian akan mengenal perangkat lunak sistem operasi dan menjalankan operasi dasar pada sistem operasi. Adapun perangkat lunak aplikasi kalian bisa membacanya di “Pengertian perangkat lunak aplikasi”

Sistem Operasi atau Operating System

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris disebut operating system atau OS merupakan sistem perangkat lunak (software) yang mempunyai tugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras (hardware) serta operasi- operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata (Contohnya MS. Word).

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang disimpan pada memori komputer pada saat komputer dihidupkan. Sedangkan perangkat lunak lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke perangkat keras harddisk dan manajemen memori, Sehingga masing-masing perangkat luna tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena bisa dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

Sistem Operasi merupakan jembatan penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak. Baca juga ; Perangkat keras komputer ! Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi mampu melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda bisa berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya bisa memakai memori, melakukan input dan output terhadap perangkat lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur rencana yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Sistem operasi utama yang dipakai komputer

saat ini terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu :

1. Keluarga Microsoft Windows, antara lain terdiri atas Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang sudah dirilis tahun 2009, dan Windows Orient yang sudah dirilis pada tahun 2014).

2. Keluarga Unix yang menggunakan interface sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD/Berkeley Software Distribution, GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi paling terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Sumber: gameboxx.me

Flexmedia

Kembali ke atas