Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Pengertian sumber daya insani menurut islam

Pengertian sumber daya insani menurut islam

Dari sisi pandangan agama islam hal ini juga tidak mengalami perbedaan. Semua praktek manajemen sember daya insani (manusia) semua harus di jalankan sebaik-baiknya, berdasarkan apa yang sudah ada di dalam Al-Qur’an dan Hadist. Kajian sumber daya insani akan dimulai dari manusia sebagai makhluk yang sengaja diciptakan Allah SWT. Manusia diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk seperti yang dijelaskan dalam kandungan Al-Qur’an surah At-Tiin (95) ayat 4, sebagai berikut

Manusia mempunyai unsur yang lebih lengkap, selain dibekali nafsu juga diberikan akal untuk berfikir, sehingga ia bebas menentukan jalan mana yang akan dipilih,jalan taqwa atau fujur yang diilhami kepadanya.potensi yang lain yang ada pada manusia adalah rasio atau pemikiran kalbu atau hati,ruh (jiwa) dan jasmani (raga). Manusia diciptakan oleh Allah adalah untuk mengabdi kepadanya, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an surah Adz-Dzariyaat (51) ayat 56, sebagai berikut :

  • Mengabdi artinya menghambakan diri kepada Allah dan penghambaan itu dilakukan dengan beribadah kepada Allah dan ibadah ‘ammah atau muamalah yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan lingkungannya.
  • Manusia (Al-Insan, insani-Arab) adalah makhluk multi dimensional yang dapat ditelaah melihat manusia sebagai makhluk jasmani dan rohani. Dan yang membedakannya dengan makhluk lain adalah aspek kerohanian. Manusia atau insan akan menjadi sungguh-sungguh manusia (al-insan) manakal ia mengembangkan nilai-nilai rohani atau budaya, yang meliputi nilai pengetahuan, keagamaan, kesenian, ekonomi, kemasyarakatan dan politik.
  • Menurut ajaran Islam, manusia dikategorikan kedalam tiga golongan, yaitu mukmin, kafir dan munafik.Mukmin adalah orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.Orang kafir adalah orang telah tertutup hatinya untuk menerima kebenaran ajaran Allah. Sedangkan orang munafik adalah orang yang membenarkan ajaran Allah, tetapi tidak mau / enggan melaksanakan perintah- perintah-Nya. Orang mukmin, yaitu orang Islam dalam Surat Ali Imran (3) ayat 110 dinyatakan sebagai “khaira ummah”, umat terbaik yang menyuruh kepada hal yang ma’ruf, mencegah dari hal yang munkar dan beriman kepada Allah. Inilah tantangan bagi setiap muslim untuk menjadi umat yang terbaik di muka bumi ini. Berdasarkan pertimbangan hal-hal diatas kemudian dikembangkan kajian sumber daya manusia dari kacamata Islam, yang lazim diperkenalkan dengan istilah sumber daya insani.

 

baca juga :

Flexmedia

Kembali ke atas