Pengertian Surga dan Neraka

Pengertian Surga dan Neraka

Pengertian Surga dan Neraka
Pengertian Surga dan Neraka

Surga dan Neraka

Tempat bagi orang yang berbahagia yaitu nirwana dan ialah karunia dari Allah Swt yang tidak ada putus-putusnya. Sebaliknya kawasan orang yang celaka yaitu neraka yang infinit didalamnya.

a. Surga

Surga yaitu sebutan bagi kawasan yang penuh nikmat pada hari alam abadi kelak dan disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa semasa hidupnya di dunia. Surga yaitu kawasan mendapatkan jawaban atas segala amal kebaikan manusia. Adapun citra wacana surga, beberapa ayat dalam Al-qur’an menerangkannya.
Firman Allah Swt sebagai diberikut :

وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۖ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ
” Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga, mereka infinit di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali kalau Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya”. (Q.S.Hud ayat 108)

إِنَّ أَصْحَابَ الْجَنَّةِ الْيَوْمَ فِي شُغُلٍ فَاكِهُونَ (٥٥) هُمْ وَأَزْوَاجُهُمْ فِي ظِلالٍ عَلَى الأرَائِكِ مُتَّكِئُونَ (٥٦)
“Sesungguhnya penghuni nirwana pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan istri-istri mereka berada dalam kawasan yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan”(Q.S.Yasin ayat 55-56)

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۖ وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ ۚ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ
” (yaitu) nirwana ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari tiruana pintu; (sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya kawasan kesudahan itu”. (Q.S.Ar-Ra’d ayat 23-24)

b. Neraka

Baca Juga: Rukun Islam

Neraka yaitu sebutan suatu kawasan yang penuh dengan penderitaan dan siksa di alam abadi kelak. Neraka yaitu ialah kawasan pembalasan bagi orang-orang yang ingkar agama Allah semasa hidupnya di dunia. Adapun bagi orang-orang yang berada didalam neraka, Allah Swt berfirman sebagai diberikut :

فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ ,خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ
“Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarikdanunik nafas (dengan merintih), mereka infinit di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali kalau Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki”. (Q.S.Hud ayat 106-107)

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآياتِنا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّما نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْناهُمْ جُلُوداً غَيْرَها لِيَذُوقُوا الْعَذابَ إِنَّ اللَّهَ كانَ عَزِيزاً حَكِيماً (56) وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحاتِ سَنُدْخِلُهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهارُ خالِدِينَ فِيها أَبَداً لَهُمْ فِيها أَزْواجٌ مُطَهَّرَةٌ وَنُدْخِلُهُمْ ظِلاًّ ظَلِيلاً (57)

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka mencicipi azab. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. Dan orang-orang yang diberiman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam nirwana yang di dalamnya mengalir sungai-sungai; infinit mereka di dalamnya; mereka di dalamnya memiliki istri-istri yang suci, dan Kami masukkan mereka ke kawasan yang teduh lagi nyaman.”(Q.S.An-Nisa ayat 56-57)