Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

  Pengertian Wahyu

  Pengertian Wahyu

Kata wahyu berasal dari kata arab الوحي, dan al-wahyu adalah kata asli arab dan bukan pinjaman dari bahasa asing, yang berarti suara, api, dan kecepatan. Dan ketika Al-Wahyu berbentuk masdar memiliki dua arti yaitu tersembunyi dan cepat.[1] Oleh sebab itu, wahyu sering disebut sebuah pemberitahuan tersembunyi dan cepat kepada seseorang yang terpilih tanpa seorangpun yang mengetahuinya. Sedangkan ketika berbentuk maf’ul, wahyu Allah terhadap Nabi-Nabi-Nya ini sering disebut Kalam Allah yang diberikan kepada Nabi.

Menurut Muhammad Abduh dalam Risalatut Tauhid berpendapat bahwa wahyu adalah pengetahuan yang di dapatkan oleh seseorang dalam dirinya sendiri disertai keyakinan bahwa semua itu datang dari Allah SWT, baik melalui perantara maupun tanpa perantara. Baik menjelma seperti suara yang masuk dalam telinga ataupun lainnya. Dalam Islam wahyu atau sabda Tuhan yang disampaikan kepada Nabi Muhaammad SAW terkumpul semuanya dalam Al-Qur’an.[2]

  1. Fungsi Wahyu

Wahyu berfungsi memberi informasi bagi manusia. Yang dimaksud memberi informasi disini yaitu wahyu memberi tahu manusia, bagaimana cara berterima kasih kepada tuhan, menyempurnakan akal tentang mana yang baik dan yang buruk, serta menjelaskan perincian upah dan hukuman yang akan di terima manusia kelak di akhirat.

Sebenarnya wahyu secara tidak langsung adalah senjata yang diberikan Allah kepada nabi-nabi-Nya untuk melindungi diri dan pengikutnya dari ancaman orang-orang yang tak menyukai keberadaannya. Dan sebagai bukti bahwa beliau adalah utusan sang pencipta yaitu Allah SWT.

  1. Kekuatan Wahyu

Memang sulit saat ini membuktikan jika wahyu memiliki kekuatan, tetapi kita tidak akan mampu mengelak sejarah wahyu ada, oleh karena itu wahyu diyakini memiliki kekuatan karena beberapa faktor, antara lain:

  1. Wahyu ada karena ijin dari Allah, atau wahyu ada karena pemberian Allah.
  2. Wahyu lebih condong melalui dua mu’jizat yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah.
  3. Wahyu yang membuat suatu keyakinan pada diri manusia.
  4. Untuk memberi keyakinan yang penuh pada hati tentang adanya alam ghaib.

 

Flexmedia

Kembali ke atas