Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Perencanaan Strategi

Perencanaan Strategi

Perencanaan Strategi

Strategi adalah rencana komprehensif untuk mencapai tujuan organisasi. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa perencanaan strategi adalah suatu rencana jangka panjang yang bersifat menyeluruh, memberikan rumusan ke mana perusahaan akan diarahkan, dan bagaiman sumber daya dialokasikan untuk mencapai tujuan selama jangka waktu tertentu. Perencanaan strategi merupakan bagian dari manjemen strategis. Manajemen strategis adalah seni dan ilmu untuk pembuatan (formulating), penerapan (implementing), dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan strategis antar fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan dimasa yang akan datang.

Jadi perencanaan strategis lebih terfokus pada bagaimana pimpinan organisasi menentukan visi, misi, falsafah, dan strategi organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dalam jangka panjang.  Perencanaan strategic (Strategic Plans) juga merupakan sustu proses pemilihan tujuan-tujuan organisasi, penentuan strategi, kebijaksanaan, program-program yang diperlukan untuk tujuan-tujuan tersebut.

  1. Penyusunan Strategi

Langkah konkret menyusun strategi yaitu sebagai berikut :

  1. a)Menetapkan jenis bisnis dan harapan perusahaan.
  2. b)Menterjemahkan visi dan misi kedalam suatu tujan strateg yang terukur.
  3. c)Menyusun strategi yang tepat untuk untuk mencapai tujuan dan target.
  4. d)Melakukan berbagai keputusan taktis dengan efektif dan efisien atas strategi terpilih.
  5. e)Melakukan evaluasi terhadap kinerja, penyesuaian terhadap arah, tujuan, strategi dan pelaksanaanya sesuai dengan situasi terbaru. Contoh : perusahaan memproduksi sirup jeruk yang melibatkan input sebagai pendukung kegiatan produksi.

 Ada dua alasan yang menunjukkan pentingnya perencanaan strategis :

  1. Perencanan strategi memeberikan kerangka dasar dalam mana semua bentuk-bentuk perencanaan lainnya yang harus diambil.
  2. Pemahaan terhadap perencanaan strategic akan mempermudah pemahaman bentuk-bentuk perencanaan lainnya.

Dengan adanya perencanaan strategi ini maka konsepsi perusahaan menjadi jelas sehingga akan memudahkan dalam memformulasikan sasaran serta rencana-rencana lain dan dapat mengarahkan sumber-sumber organisasi secara efektif. Sehingga dapat dikatakan bahwa perencanaan strategi dapat menentukan keberhasilan organisasi atau perusaahn, hal ini disebabkan karena:

1)      Perencanaan strategi merupakan tipe perencanaan yang terpenting.

2)      Melakukan perencanaan strategi berarti menetapkan misi organisasi secara jelas.

3)      Perencanaan strategi memungkinkan manajer mempersiapkan diri terhadap kemungkinan terjadinya perubahan pada lingkungan organisasinya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perencanaan strategi bagi perushaan sangat penting, karena tanpa strategi dalam mengelola perusahaan, seorang manajer seolah-olah melangkah dalam ketidakpastian.


Sumber: https://rajasatour.id/steampunk-syndicate-2-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas