Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

 Perkembangan Kreativitas

 Perkembangan Kreativitas

Menurut sudut pandang psikologi, kreativitas dianggap sebagai kemampuan seseorang untuk menciptakan, atau memiliki gagasan baru yang sebelumnya tidak pernah dipikirkan. Seperti halnya kecerdasan, semua anak pasti memiliki kreativitas. Kecerdasan dan kreativitas pada dasarnya dapat berjalan seiring. Kreativitas mempengaruhi perkembangan pribadi anak serta penyesuaian mereka dengan lingkungan sosial. Perkembangan kreativitas yang terlambat akan mengganggu proses pembentukan kepribadian anak. Selain itu, anak akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Perkembangan kreativitas seseorang berlangsung secara bertahap dan melalui proses yang panjang.

  1. h) Perkembangan Moral

Nilai moral ditentukan oleh kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang dalam suatu kelompok sosial tertentu. Mempelajari perilaku moral merupakan sebuah proses panjang yang dimulai sejak masa kanak-kanak sampai menjelang dewasa nanti. Anak mengalami perkembangan moral dengan mempelajari norma-norma yang berlaku dalam masyarakat dimana anak dibesarkan. Banyak ahli berpendapat bahwa tingkat perkembangan moral anak memiliki tahapan yang berkaitan dengan perkembangan kecerdasan baik kognisi maupun emosi.

  1. i)Perkembangan Kepribadian

Kepribadian adalah karakteristik yang dimiliki oleh seseorang dan mempengaruhi orang tersebut dalam berfikir, berrsikap dan bertingkah-laku. Anak-anak yang memiliki kepribadian baik cenderung akan lebih mudah melakukan penyesuaian sosial daripada anak yang kurang baik kepribadiannya.

  1. j) Perkembangan Bermain

Memasuki usia pra-sekolah, anak sudah mulai meninggalkan permainan yang menggunakan barang-barang mainannya. Hal ini karena permainan dengan benda-benda mainan sifatnya sangat individu atau dilakukan sendiri, sedangkan mulai masuk TK anak lebih suka bermain bersama teman-temannya.[4]

  1. Jenis-Jenis Multiple Intelligences
  2. Kecerdasan Verbal-Linguistik

Kecerdasan verbal-linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa-bahasa termasuk bahasa ibu dan bahasa asing untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran dan memahami orang lain. Kecerdasan linguistik disebut juga kecerdasan verbal karena mencakup kemampuan untuk mengekspresikan diri secara lisan dan tertulis, serta kemampuan untuk menguasai bahasa asing.

sumber :

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/

Flexmedia

Kembali ke atas