Perpustakaan Cimahi Bidik e-Book

Perpustakaan Cimahi Bidik e-Book

Perpustakaan Cimahi Bidik e-Book
Perpustakaan Cimahi Bidik e-Book

CIMAHI – Kondisi perpustaan milik kota Cimahi makin sempit saking banyaknya buku,

namun terbatasnya ruang. Menyikapi hal itu pemerintah kota Cimahi berencana melakukan penerapan peminjaman buku via online (e-Book).

Sekretaris Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Mochamad Ronny membenarkan terkait hal itu. Kata dia untuk pembuatane-Book akan direalisasikan triwulan II tahun 2018. Untuk pembuatan e-Book ini, pihaknya menganggarkan Rp150 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2018.

”Tahun sekarang sudah dianggarkan. Kemungkinan triwulan II siap terealisasi,”

katanya saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, kemarin (9/2).

Menurut Ronny, sebenarnya rencana penerapan E-Book sudah dilakukan sejak tahun 2017. Namun, karena tidak teranggarkan, akhrinya realisasinya akan dilaksanakan tahun ini. ”Aplikasinya kita sebut Elektronik Book (E-Book). Nantinya, para peminjam hanya cukup membaca buku lewat aplikasi dengan jenis buku yang telah disiapkan oleh Perpustakaan Kota Cimahi,” ujarnya.

Ronny menjelaskan, dengan aplikasi e-book, akan memudahkan warga untuk meminjam buku. Sebab dengan e-book warga yang ingin membaca buku tidak usah datang ke Perpustakaan Umum Kota Cimahi. Warga cukup membuka situs via telepon genggam atau laptop, akses buku yang diinginkan akan langsung tersedia. ”Jadi nanti baca bukunya lewat hp atau laptop juga bisa,” jelasnya.

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas E-Book, lanjutnya, warga diharuskan menjadi anggota Perpustakaan

Umum Kota Cimahi. “Kalau yang belum, harus daftar dulu lewat Perpustakaan Umum Kota Cimahi,” imbuhnya.

Ronny menyebutkan, hingga tahun 2017, stok buku yang terdapat di Perpusatakaan Kota Cimahi mencapai 19.383 eksemplar. Jumlah tersebut belum ditambah dengan pengadaan buku tahun 2017 sebanyak 1.200 eksemplar. ” Kalau jumlah anggota Perpustkaan sampai saat ini ada sekitar 2.269,” sebutnya.

 

Sumber :

https://egriechen.info/