Persiapan PPDB 2019, Disdik Rakor dengan Komisi V DPRD Jabar

Persiapan PPDB 2019, Disdik Rakor dengan Komisi V DPRD Jabar

Persiapan PPDB 2019, Disdik Rakor dengan Komisi V DPRD Jabar

Persiapan PPDB 2019, Disdik Rakor dengan Komisi V DPRD Jabar
Persiapan PPDB 2019, Disdik Rakor dengan Komisi V DPRD Jabar

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika beserta Panitia

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 mengadakan rapat koordinasi dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar membahas persiapan PPDB di Ruang Rapat Komisi V Kantor DPRD Jabar, Jln. Diponegoro No. 27, Kota Bandung, Senin  (29/4/2019). Rapat tersebut bertujuan menyamakan visi serta memberikan informasi menyeluruh mengenai peraturan PPDB 2019.

“Sebagai perwakilan masyarakat Jabar di bidang pendidikan, tentu kita harus mengadakan pertemuan ini,” ucap Kadisdik saat ditemui usai acara.

Dalam rapat tersebut, lanjut Kadisdik, pihaknya banyak mendapat masukan yang nantinya dipertimbangkan dalam proses PPDB. “Ini juga menjadi bagian upaya kita agar mampu meningkatkan pelayanan yang lebih baik,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPRD Jabar, Syamsul Bachri menyatakan

, Disdik Jabar harus mampu menyosialisasikan PPDB tahun ini secara masif ke seluruh lapisan masyarakat. Dalam proses tersebut, juga harus diinformasikan perubahan rinci yang membedakan antara PPDB tahun ini dengan tahun sebelumnya agar masyarakat lebih paham. “Kemudian buat juga antisipasi jika ada permasalahan saat pelaksanaan, jangan sampai hal tersebut menjadi kendala karena tidak dipersiapkan sebelumnya,” tambahnya.

Syamsul pun menegaskan, pihaknya mendukung penuh Disdik Jabar dan seluruh aturan PPDB yang telah disusun. Ia berharap pelaksanaan PPDB tahun ini berjalan sesuai skema. “Kita yakini semua aturan yang dibuat adalah yang paling ideal sehingga pelaksanaan tahun ini dapat meminimalisasi permasalahan,” imbuhnya.

Sedangkan Wakil ketua Komisi V DPRD Jabar, Yomanius Untung menjelaskan,

setiap tahun kebijakan PPDB merupakan hal yang sensitif sehingga memerlukan penjelasan yang utuh, baik dari eksekutif maupun legislatif. “Mudah-mudahan draf tahun ini menyempurnakan kebijakan tahun sebelumnya karena ini adalah isu yang krusial,” ujarnya.

Untung mengimbau agar tahun ini Disdik Jabar mampu memberikan solusi konkret pascapelaksanaan PPDB bagi peserta didik baru yang nantinya tidak masuk ke sekolah yang diinginkan. “Itu juga harus diperhatikan. Jangan sampai, misalnya, para siswa yang tidak lolos PPDB dialihkan ke sekolah swasta tanpa ada perhatian lebih ke sekolah tersebut,” pungkasnya.

Panitia PPDB 2019 yang menghadiri rapat tersebut adalah Ketua Pantia, Yesa Sarwedi, Sekretaris Panitia (Dian Peniasiani), Wakil Sekretaris Panitia (Edy Purwanto), dan Anggota Tim Pengaduan PPDB (Firman Oktora).***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/