Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Prinsip Dasar Sistem Pendidikan

Prinsip Dasar Sistem Pendidikan

Prinsip Dasar Sistem Pendidikan

Prinsip dasar dari sistem pendidikan adalah belajar. Belajar sering dirujuk dalam bentuk pengukuran pengetahuan, kegesitan seseorang dalam menggunakan perangkat atau peralatan tertentu. Pandangan atau wawasan seseorang terhadap sesuatu hal. Secara khusus, belajar sering diartikan pergi ke sekolah, atau mengikuti jejang pendidikan formal tertentu. Di dunia kerja, belajar itu adalah pelatihan. Pelatihan untuk peningkatan kompetensi. Peningkatan dan kompetensi diyakini sebagai upaya untuk meningkatkan mutu kinerja seseorang, yang berdampak terhadap kineja organisasi atau lembaga.

Teknologi pendidikan memandang proses belajar sebagai suatu peristiwa internal, karena terjadi dalam diri siswa. Sejauh ini sudah banyak sekali teori belajar yang dirumuskan oleh para pakar dengan berbagai pendekatan ilmu. Sebagai contoh, psikolog beranggapan bahwa proses belajar sebagai suatu proses kognitif, sedangkan pakar komunikasi beranggapan bahwa proses belajar adalah suatu pemrosesan informasi pada diri seseorang.

Upaya teknologi pendidikan bersifat konkret yaitu penciptaan atau rancangan lingkungan belajar, atau sering disebut juga sebagai faktor eksternal belajar. Rancangan kegiatan pembelajaran beserta guru adalah lingkungan yang biasa ditemui sehari-hari dan dianggap berpengaruh banyak terhadap proses belajar.

Inti dari teknologi pendidikan adalah proses belajar. Miarso menyebut belajar sebagai objek formal teknologi pendidikan. Belajar baginya dimaknai secara luas, belajar secara pribadi, untuk pengayaan diri dan beljar yang diselenggarakan oleh organisasi.

Belajar tidak hanya merujuk pada aktifitas organ berpikir otak, belajar bertujuan untuk meningkatkan kualitas seseorang. Belajar adalah peningkatan kompetensi. Belajar menjadi salah satu upaya seseorang untuk mewujudkan cita-citanya. belajar berkenaan dengan tatanan dan nilai yang ditularkan dari generasi ke generasi.

Untuk itulah, para teknolog pendidikan menyatakan kepedulian pada proses belajar menjadi keutamaan dalam teknologi pendidikan. Belajar adalah aspek terpenting yang tidak dapat diganggu gugat. Perintis teknologi pendidikan ini berargumentasi bahwa teknologi pendidikan yang memiliki objek formal belajar bermaksud untuk member kesempatan kepada semua pihak untuk memperoleh belajar secara formal di sekolah dengan keragaman model dan penerapan teknologi.[3]

 

https://ijateng.id/moto-racing-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas