Prinsip Pendidikan SD

Prinsip Pendidikan SD

Prinsip Pendidikan SD
Prinsip Pendidikan SD

Definisi pendidikan SD

  • Pendidikan adalah proses membantu peserta didik untuk mencapai tingkat perkembangan yang optimal dalam seluruh aspeknyasesuai dengan potensi yang dimiliki dan sistem nilai yang berlaku.
  • Pendidikan bukan proses memaksa, melainkan menciptakankondisi kondusitif.
  • Pendidikan di SD bukan hanya diorientasikan pada Kemampuanmembaca, menulis dan berhitung. Melainkan penyiapan intelektual,sosial, dan personal secara optimal.

 

Tujuan pendidikan SD

  • Memberi bekal kemampuan dasar membaca, menulis, dan berhitung
  • Memberi pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa
  • Mempersiapkan untuk mengikuti pendidikan di SMP/MTs.

 

Fungsi pendidikan SD

Fungsi pendidikan di SD:

  • Pembentukan dan pengembangan dasar kepribadian anak
  • Penyiapan warga masyarakat dan warga negara yang baik
  • Menjadikan anak mengenal budaya Indonesia
  • Penyiapan kemampuan dasar untuk melanjutkan di SMP/MTs.

 

D.Prinsip-Prinsip Pendidikan SD

Membahas tentang prinsip pendidikan berarti membahas tentang aturan hukum, sikap atau bagaimana seharusnya pendidikan. Prinsip-prinsip pendidikan yang dikemukakan di bawh ini diambil dari perspektif pendidikan. Perspektif ini digunakan karena peserta didik atau siswa menjadi titik sentral dalam pendidikan. Perspektif di Negara kita masih kurang diperhatikan karena berbagai faktor, antara lain kebudayaan pendidikan kita memperlakukan anak.

Sayidiman (2000), mengemukakan pendapatnya bahwa inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan uanh menempatkan anak didik sebagai titik sentral. Sementara selama 32 tahun ini, yang menjadi titik sentral itu adalah pemerintah dengan segala peraturannya. Sekalipun seandainya yang menjadi titik sentral itu adalah guru sebagai pendidik langsung kepada siswa di sekolah, masih lumayan. Akan tetapi untuk masa depan hal ini pun masih kurang tepat, terlebih jika pemerintah yang menjadi titik sentral.

Sunaryo Kartadinata (1996), menjelaskan prinsip-prinsip perkembangan siswa SD dan kesepandanannya dengan prinsip-prinsip pendidikan SD

Prinsip-prinsip perkembangannya adalah berikut ini.:

  1. Perkembangan adalah proses yang tidak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat.
  2. Setiap anak bersifat individual dan berkembang dalam percepatan individual. Walaupun guru memahami dan memegang patokan atau target tertentu, namun guru harus tetap memperhatikan keragaman siswa secara individual dalamaspek fisik, psikis, dan sosial.
  3. Semua aspek perkembangan saling berkaitan. Pendidikan jasmani harus menjadi wahana bagi perkembangan aspek lainnya, begitu pula proses pembelajaran bidang studi lainnya harus selalu dikaitkan dengan berbagai aspek perkembangan anak.
  4. Perkembangan itu terarah dan dapat diramalkan. Perkembangan individu memiliki sekuinsi tertentu dan dapat menjadi arah perkembangan. Secara umum perkembangan manusia itu adalah sebagai berikut.:
  5. Bergerak dari kepala ke kaki atau dari pusat ke bagaian.
  6. Bergerak dari struktur ke fungsi.
  7. Bergerak dari konkret ke abstrak.
  8. Bergerak dari egosentris ke perspektif menuju pemahaman.
  9. Bergerak dari heteronom ke otonom.
  10. Bergerak dari absolutisme ke relativisme.
  11. Bergerak spiral ke arah tujuan.

Dengan mengacu kepada aspek karakteristik serta prinsip perkembangan siswa SD yang dideskripsikan di atas maka dapat dikemukakan prinsip-prinsip pendidikan, terutama prinsip-prinsip pembelajaran di SD, yaitu proses pembelajaran di SD harus bersifat terpadu dengan perkembangan siswa, baik perkembangan fisik, kognitif, sosial, moral maupun emosional. Artinya pengembangan bahan ajar dan proses pembelajaran di SD harus mengacu dari prinsip ketercernaan bagi peserta didik. Dengan kata lain tugas ajar dan bahan ajar dilaksanakan sejalan dengan karakteristik perkembangan siswa, terutama di kelas-kelas awal.

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/bpupki-sejarah-anggota-tugas-dan-pembentukannya/